SATRIA, SATRIA (2024) PENGARUH KEBUTUHAN DAN LIFESTYLE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE PADA MASYARAKAT GENERASI Z KOTA PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
ABSTRAK.pdf Download (688kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (799kB) |
|
Text
REPOSITORY.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK
Satria, 2024, “Pengaruh Kebutuhan Dan Lifestyle Terhadap Keputusan
Pembelian Online Pada Masyarakat Generasi Z Kota Palopo” Skripsi
Program Studi Manajeman Bisnis Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis
Islam Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Dr. Muh. Ruslam
Abdullah, S. EI. M.A.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kebutuhan
dan lifestyle terhadap keputusan pembelian online pada masyarakat generasi Z
Kota Palopo.
Jenis Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam
penelitian ini adalah Generasi Z di Kota Palopo, sedangkan teknik pengambilan
sampel dalam penelitian ini adalah dengan teknik proposional stratified random
sampling diperoleh sebanyak 100 sampel. Teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini dilakukan dengan penyebaran kuesioner kepada responden.
Selanjutnya teknik pengelolaan dan analisis data yang digunakan dalam
penelitian ini yaitu dengan menggunakan analisis data kuantitatif dengan bantuan
program SPSS versi 20. Adapun tahapan dalam teknik analisis data pada
penelitian ini yaitu dengan menggunakan uji instrument, uji persyaratan analisis,
uji hipotesis, serta metode dari analisis yang digunakan adalah metode analisis
regresi linear berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel kebutuhan tidak
memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian online dilihat dari
perbandingan t hitung lebih kecil dari t tabel (0,951 < 1,984) dengan nilai
signifikan 0,344 > 0,05, dan variabel lifestyle berpengaruh terhadap keputusan
pembelian online dilihat dari perbandingan t hitung lebih besar dari t tabel (6,262
> 1,984) dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Variabel kebutuhan dan lifestyle
secara simultan memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian
online pada masyarakat generasi Z di Kota Palopo dilihat dari f hitung lebih besar
dari f tabel (45,575 >3,09). Hasil uji R2
diperoleh sumbangsih sebesar 48,4%
sedangkan sisanya yaitu 51,6% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini.
Kata Kunci: Kebutuhan, Keputusan Pembelian, Lifestyle.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 650 Bisnis |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Manajemen Bisnis Syariah |
Depositing User: | Muh. Afandhy Amir |
Date Deposited: | 16 Dec 2024 01:15 |
Last Modified: | 16 Dec 2024 01:15 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9724 |
Actions (login required)
View Item |