FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PREFERENSI NASABAH MENGGUNAKAN LAYANAN GADAI EMAS BANK SYARIAH INDONESIA KCP TOMONI

MUKHAYAROH, ANNISATUL (2024) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PREFERENSI NASABAH MENGGUNAKAN LAYANAN GADAI EMAS BANK SYARIAH INDONESIA KCP TOMONI. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (322kB)
[thumbnail of PUSTAKA.pdf] Text
PUSTAKA.pdf

Download (434kB)
[thumbnail of REPO.pdf] Text
REPO.pdf

Download (1MB)

Abstract

Annisatul Mukhayaroh, 2024. “Faktor-faktor yang mempengaruhi preferensi
nasabah menggunakan layanan gadai emas Bank Syariah
Indonesia KCP Tomoni” Skripsi Program Studi Perbankan
Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama
Islam Negeri Palopo Dibimbing oleh Muh Ginanjar, S.E, M.M.
Skripsi ini membahas tentang Faktor-faktor yang mempengaruhi preferensi
nasabah menggunakan layanan gadai emas Bank Syariah Indonesia KCP Tomoni.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang
mempengaruhi prefrensi nasabah menggunakan layanan gadai emas Bank Syariah
Indonesia KCP Tomoni. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif. Populasinya
yakni nasabah Bank Syariah Indonesia KCP Tomoni. Sedangkan teknik
pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Quota Sampling dengan
penentuan sampel sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini dengan melakukan pembagian koesioner/angket kepada responden.
Untuk menganalisis penelitian ini penulis menggunakan sebuah alat analisis yaitu
analisis faktor, dan pengolahan data menggunakan SPSS Versi 16. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat empat faktor yang mempengaruhi
preferensi nasabah menggunakan layanan gadai emas. Keempat faktor tersebut
adalah: faktor pelayanan, faktor produk, faktor agama, dan faktor harga. Faktorfaktor tersebut berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap preferensi
nasabah secara signifikan.
Kata Kunci: Agama, Harga, Pelayanan, Preferensi Nasabah, Produk
xxviii
Abstract
Annisatul Mukhayaroh, 2024. "Factors affecting customer preferences using
Bank Syariah Indonesia KCP Tomoni gold pawn
services" Thesis Sharia Banking Study Program,
Faculty of Economics and Islamic Business, Palopo
State Islamic Institute Supervised by Muh Ginanjar,
S.E, M.M.
This thesis discusses the factors that influence customer preferences using Bank
Syariah Indonesia KCP Tomoni gold pawn services. This study aims to determine
what factors influence customer preferences using Bank Syariah Indonesia KCP
Tomoni gold pawn services. This type of research is quantitative research. The
population is Bank Syariah Indonesia KCP Tomoni customers. While the
sampling technique in this study was Quota Sampling with a sample size of 100
respondents. Data collection techniques in this study by distributing
questionnaires/ questionnaires to respondents. To analyze this research the authors
used an analytical tool, namely factor analysis, and data processing using SPSS
Version 16. The results of this study indicate that there are four factors that
influence customer preferences using gold pawn services. The four factors are:
service factors, product factors, religious factors, and price factors. These factors
partially and simultaneously affect customer preferences significantly.
Keywords: Religion, Price, Service, Customer Preference, Product

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 332.1 Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Perbankan Syariah
Depositing User: S.Ag Ilda Azizah
Date Deposited: 23 Dec 2024 00:52
Last Modified: 23 Dec 2024 00:52
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9748

Actions (login required)

View Item View Item