EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN SYNERGETIC TEACHING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SPLDV KELAS VIII SMP NEGERI 1 PALOPO

INNA, INNA (2024) EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN SYNERGETIC TEACHING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SPLDV KELAS VIII SMP NEGERI 1 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (449kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (456kB)
[thumbnail of REPOSITORY.pdf] Text
REPOSITORY.pdf

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK
Inna, 2024. “Efektivitas metode Synergetic Teaching Dalam Meningkatkan Hasil
belajar Sistem Pada Materi Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV)
Kelas VIII SMP negeri 1 Palopo, Skripsi Program Studi Pendidikan
Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam
Negeri (IAIN) Palopo, dibimbing oleh Dwi Risky Arifanti dan Megasari.
Skripsi ini membahas tentang efektivitas metode pembelajaran Synergetic
Teaching dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII B di
SMP Negeri 1 Palopo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar
matematika siswa sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran
Synergetic Teaching. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui apakah
model pembelajaran Synergetic Teaching efektif terhadap peningkatan hasil
belajar matematika siswa di kelas VIII di SMP Negeri 1 Palopo.
Jenis penelitian ini yaitu eksperimen design tipe pre-test and post-test
design. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian adalah cluster random
sampling, dengan jumlah sampel 35 orang siswa. Data diperoleh melalui tes.
Kemudian data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan statistik
inferensial.
Hasil penelitian menunjukkan. Hasil belajar siswa sebelum menggunakan
metode synergetic teaching berada pada kategori sangat kurang dengan rata-rata
33,36. Hasil belajar siswa sesudah menggunakan metode synergetic teaching
berada pada kategori baik dengan rata-rata 84,18.Pembelajaran dengan metode
synergetic teaching secara signifikan meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII
SMP Negeri 1 Palopo pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel
(SPLDV). hasil uji-t sampel berpasangan, hasil sig (2-tailed) < 0,05, maka Ho
ditolak dan H1 diterima. Karena Ho ditolak dan H1 diterima berarti terdapat
perbedaan rata-rata hasil belajar pretest dan posttest, artinya Metode Synergetic
teaching efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa Kelas VIII SMP Negeri 1
Palopo.
Kata kunci: Efektivitas, Model Pembelajaran Synergetic Teaching, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 24 Dec 2024 01:31
Last Modified: 24 Dec 2024 01:31
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9768

Actions (login required)

View Item View Item