UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI PENERAPAN MEDIA CERITA BERGAMBAR BERBASIS TEKNOLOGI DI KELAS V SD NEGERI 5 SALAMAE KOTA PALOPO

NURDIANA, NURDIANA (2024) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI PENERAPAN MEDIA CERITA BERGAMBAR BERBASIS TEKNOLOGI DI KELAS V SD NEGERI 5 SALAMAE KOTA PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (360kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (366kB)
[thumbnail of REPOSITORY.pdf] Text
REPOSITORY.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Nurdiana, 2024. “Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman
Melalui Penerapan Media Cerita Bergamabar Berbasis Teknologi Di Kelas
V SD Negeri 5 Salamae Kota Palopo”. Skripsi Program Studi Pendidikan
Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing
Oleh Nursyamsi Dan Nurul Khairani Abduh.
Penelitian ini membahas pokok permasalahan yang berkaitan dengan
keterampilan membaca pemahaman melalui penerapan media cerita bergambar
berbasis teknologi di kelas V SD Negeri 5 Salamae Kota Palopo. Dengan demikian,
penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan keterampilan membaca
pemahaman siswa melalui penerapan media cerita bergambar berbasis teknologi.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan
menggunakan model pendekatan penelitian deskriptis kualitatif dan kuantitatif
secara bersamaan. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 5 Salamae Kota Palopo.
Objek penelitian ini adalah media cerita bergambar berbasis teknologi yang
diterapkan sesuai dengan kebutuhan peserta didik, subjek penelitian siswa kelas V
SD Negeri 5 Salamae yang berjumlah 28 siswa.
Hasil penelitian ditemukan bahwa pada tahap prasiklus, nilai hasil
keterampilan membaca pemahaman siswa dengan nilai rata-rata 51,78%. Setelah
dilaksanakan pembelajaran dengan menerapkan media cerita bergambar berbasis
teknologi pada siklus I nilai keterampilan membaca pemahaman siswa dengan nilai
rata-rata adalah 63,92%. Kemudian dilanjut pada siklus II nilai hasil membaca
pemahaman siswa dengan nilai rata-rata adalah 79,82%. Dengan demikian,
keterampilan membaca pemahaman siswa dengan menggunakan media cerita
bergambar berbasis teknologi yang dimulai dari siklus pertama sampai pada siklus
ke-2 menunjukkan hasil yang efektif.
Kata Kunci: Cerita, Media, Membaca, Teknologi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 371.1 Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar
300 Ilmu sosial > 371.12 Kualifikasi dan Profesionalitas Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 27 Dec 2024 00:16
Last Modified: 27 Dec 2024 00:16
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9779

Actions (login required)

View Item View Item