FAHIMA, NUR (2024) ANALISIS FUNGSI-FUNGSI MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI MADRASAH ALIYAH NO. 16 PENGKENDEKAN KECAMATAN SABBANG KABUPATEN LUWU UTARA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
ABSTRAK.pdf Download (348kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (411kB) |
|
Text
REPOSITORY.PDF Download (2MB) |
Abstract
Nur Fahima, 2024. “Analisis Fungsi-Fungsi Manajemen Kepala Sekolah dalam
Meningkatkan Profesionalisme Guru di Madrasah Aliyah No. 16 Pengkendekan
Kecematan Sabbang kabupaten Luwu Utara”. Skripsi Program Studi Manajemen
Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam
Negeri Palopo. Dibimbing oleh Nasaruddin dan Muh. Yamin.
Skripsi ini membahas mengenai analisis fungsi-fungsi manajemen kepala sekolah
dalam meningkatkan profesionalisme guru di Madrasah Aliyah No. 16 Pengkendekan.
Adapun tujuan penelitian ini yaitu: Untuk mengetahui gambaran umum fungsi-fungsi
manajemen kepala sekolah di Madrasah Aliyah No. 16 pengkendekan, untuk mengetahui
gambaran profesionalisme guru di Madrasah Aliyah No. 16 pengkendekan dan untuk
mengetahui fungsi-fungsi manajemen dapat meningkatkan profesionalisme guru di
Madrasah Aliyah No. 16 Pengkendekan serta untuk menetahui peluang dan tantangan
fungsi-fungsi manajemen kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru di
Madrasah Aliyah No. 16 Pengkendekan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini dari sisi pendekatannya adalah
metode kualitatif dari sisi metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini
adalh wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian sumber data dari penelitian ini
kepala sekolah dan guru di madrasah Aliyah No. 16 pengkendekan. Teknik analisis data
yang dimbil adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian diperoleh dari data-data dan informan dalam hal fungsi-fungsi
manajemen kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru di Madrasah Aliyah
No. 16 Pengkendekan yaitu; 1) Gambaran umum fungsi manajemen kepala sekolah
terdapat 2 hal manajemen kurikulum tentunya harus memastikan guru memahami
kurikulum yang ada, dan memastikan manajemen kurikulum dilaksanakan dengan prinsip
demokrasi. Manajemen kesiswaan, kepala sekolah sebagai penanggung jawab penuh
terhadap kegiatan manajemen kesiswaan, serta menunjuk beberapa guru dalam kegiatan
kesiswaan. 2) Gambaran profesionalisme guru kompetensi pedagogik, kepribadian,
profesional, dan sosial. 3) Fungsi manajemen yang dapat meningkatkan profesionalisme
guru yaitu kepala sekolah mengikut sertakan guru-guru dalam pelatihan KKG, PPG, diklat,
dan worskhop. 4) Peluang dan tantangan manajemen kepala sekolah dalam meningkatkan
profesionalisme guru terdapat faktor pendukung dan pengambat. Faktor pendukung yang
dihadapi oleh kepala sekolah dalam meningatkan profesionalisme guru adalah adanya
kesadaran guru akan pentingnya keprofesionalan dalam menjalankan tugas sebagai guru
untuk mengajar dan mendidik. Dan faktor penghambat adalah kondisi lembaga seperti
kurangnya dana untuk melakukan kegiatan-kegiatan di sekolah, dan fasilitas.
Kata Kunci: Fungsi-Fungsi Manajemen Kepala Sekolah, Profesionalisme Guru.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 297.77 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Muh. Afandhy Amir |
Date Deposited: | 03 Jan 2025 01:51 |
Last Modified: | 03 Jan 2025 01:51 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9784 |
Actions (login required)
View Item |