PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MICROSOFT POWERPOINT PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS VII SISWA MTs AL-QASHASH TO’BIA KAB. LUWU

ANGGRAH, IIS (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MICROSOFT POWERPOINT PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS VII SISWA MTs AL-QASHASH TO’BIA KAB. LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (481kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (390kB)
[thumbnail of REPOSITORY.pdf] Text
REPOSITORY.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Iis Anggrah, 2024.“Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Powerpoint
Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VII MTs Al�Qashash To’bia Kab. Luwu”.Skripsi Program Studi Pendidikan Agama
Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri
Palopo. Dibimbing oleh: H.Hasbi dan Rosdiana.
Skripsi ini membahas tentang Pengembangan Media Pembelajaran
Berbasis Powerpoint Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VII
MTs Al-Qashash To’bia Kab. Luwu. Penelitian ini bertujuan: 1) Mendeskripsikan
kevalidan media pembelajaran berbasis powerpoint yang dikembangkan pada
mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam kelas VII MTs Al-Qashash To’bia Kab.
Luwu. 2) Mendeskripsikan kepraktisan media pembelajaran berbasis powerpoint
yang dikembangkan pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam kelas VII MTs
Al-Qashash To’bia Kab. Luwu. 3) Mendeskripsikan keefektifan media
pembelajaran berbasis powerpoint yang dikembangkan pada mata pelajaran
sejarah kebudayaan Islam kelas VII MTs Al-Qashash To’bia Kab. Luwu.
Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan (research development)
yang menghasilkan media pembelajaran berbasis powerpoint. Untuk tingkat
kevalidan media pembelajaran di validasi oleh tim ahli/validator, begitu pula
dengan angket respon guru, angket respon siswa dan tes hasil belajar. Untuk
analisis data hasil belajar untuk mengetahui tingkat keefektifan penggunaan
lembar kegiatan peserta siswa menggunakan perbandingan rata-rata pretest dan
posttes dengan menggunakan rumus N-gain dan untuk menguji kepraktisan
penggunaan lembar kegiatan siswa dengan menggunakan persentasi respon siswa
terhadap penggunaan lembar kegiatan siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Media pembelajaran berbasis
powerpoint yang dikembangkan dinilai sangat vali digunakan sebagai sumber
belajar pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Hal tersebut ditinjau
berdasarkan hasil penilaian ahli materi, ahli media dan respon siswa. 2)
Kepraktisan penggunaan media pembelajaran berbasis powerpoint dalam materi
meneladani perilaku terpuji khulafaur rasyidin mata pelajaran Sejarah
Kebudayaan Islam di MTs Al-Qashash To’bia kelas VII menghasilkan rata-rata
99,8% yang memberikan respon berada pada kategori skor 81%-100% dengan
kriteria sangat praktis. 3) Media pembelajaran berbasis powerpoint yang
dikembangkan dinilai efektif dalam meningkatkan pemahaman meneladani
perilaku terpuji khulafaur rasyidin siswa dilihat dari rata-rata preetest padamateri
meneladani perilaku terpuji khulafaur rasyidindengan skor sebesar 43,32
meningkat drastis pada tes hasil belajar dengan skor rata-rata posttest sebesar
95,16 dengan nilai gain 0,91.
Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Microsoft Powerpoint, SKI

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 03 Jan 2025 02:41
Last Modified: 03 Jan 2025 02:41
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9788

Actions (login required)

View Item View Item