ANALISIS NILAI KARAKTER DALAM METODE HIPNOTEACHING PADA PESERTA DIDIK

MUNIF, SULTAN ABDUL (2024) ANALISIS NILAI KARAKTER DALAM METODE HIPNOTEACHING PADA PESERTA DIDIK. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (563kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (688kB)
[thumbnail of REPOSITORY.pdf] Text
REPOSITORY.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRACK
Sultan Abdul Munif, 2023, “Analisis Nilai Karakter dalam Metode Hipnoteaching
Pada Peserta Didik” skripsi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah
Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam
Negeri Palopo, Pembimbing (I) Baderiah, dan Pembimbing (II) Hisbullah.
Skripsi ini membahas mengenai Analisis Nilai Karakter dalam Metode
Hipnoteaching pada Peserta Didik, peneliti menemukan bahwa nilai karakter
sangatlah penting dalam kegiatan dan kehidupan siswa, Adapun tujuan penelitian
sebagai berikut:
Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui konsep nilai pendidikan
karakter pada peserta didik di tingkat madrasah ibtidaiyah. (2) Untuk mengetahui
konsep metode hypnoteaching dalam pembelajaran di tingkat madrasah ibtidaiyah.
(3) Untuk mengetahui konsep integrasi nilai-nilai pendidikan karakter dalam sintaks
metode hypnoteaching pada pembelajaran di tingkat madrasah ibtidaiyah. Metode
yang digunakan adalah metode : penelitian pustaka (library research),
yakni penelitian yang obyek kajiannya menggunakan data pustaka berupa buku-buku
sebagai sumber datanya. Melalui buku-buku yang terkait dengan penelitian.
Hasil penelitian yaitu : Integrasi metode hypnoteaching dengan nilai karakter
pada peserta didik dalam mengaitkan metode hypnoteaching dengan nilai karakter
pada peserta didik dapat dilihat melalui langkah-langkah sebagai berikut, pada
kenyataannya guru belum sepenuhnya menjadi fasilitator dan sebagian masih
menggunakan konsep dan metode yang konvensional sehingga proses pembelajaran
masih didominasi oleh guru, dampaknya terjadi kebosanan peserta didik dalam proses
pembelajaran, hal ini mempengaruhi sikap dan motivasi belajar peserta didik menjadi
rendah, peserta didik terkesan ogah-ogahan tidak bersemangat dalam belajar dan
materi yang disampaikan kurang terserap dengan optimal. Karena itu diperlukan
upaya untuk memperbaiki pelayanan kebutuhan peserta didik khususnya pada sikap
dan motivasi belajar yang akan menjadi tumpuan terciptanya kondisi belajar yang
mendukung proses pembelajaran.
Kata kunci : Nilai karakter, Metode Hypnoteaching, Peserta didik

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 03 Jan 2025 06:57
Last Modified: 03 Jan 2025 06:57
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9793

Actions (login required)

View Item View Item