MANAJEMEN KINERJA PROFESIONAL GURU DALAM MENGOPTIMALKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XII DI SMA MUHAMMADIYAH SWASTA KOTA PALOPO PROVINSI SULSEL

MUSLIMIN, SANTI (2024) MANAJEMEN KINERJA PROFESIONAL GURU DALAM MENGOPTIMALKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XII DI SMA MUHAMMADIYAH SWASTA KOTA PALOPO PROVINSI SULSEL. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (398kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (362kB)
[thumbnail of REPOSITORY.pdf] Text
REPOSITORY.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Santi Muslimin, 2024. “Manajemen Kinerja Profesional Guru dalam
Mengoptimalkan Hasil Belajar Peserta didik kelas
Xll di SMA Muhammadiyah Swasta Kota Palopo,”
Skripsi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam
Negeri Palopo. Dibimbing oleh Dr. H. Alauddin dan
Eka Poppi Hutami.
Skripsi ini membahas tentang Manajemen kinerja profesional guru dalam
mengoptimalkan hasil belajar peserta didik kelas Xll di SMA Muhammadiyah
Swasta Kota Palopo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana
Manajemen kinerja profesional guru dalam mengoptimalkan hasil belajar peserta
didik dan bagaimana hasil belajar peserta didik kelas Xll di SMA Muhammadiyah
Swasta Kota Palopo.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Teknis
pengumpulan data menggunaka metode observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Sumber data dalam penelitian adalah kepala sekolah dan guru di SMA
Muhammadiyah Swasta Kota Palopo. Teknik analisis data yang digunakan adalah
reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) manajemen kinerja guru
perencanaan
perencanaan kinerja guru yaitu mempersiapkan RPP, mendalami metode
yang akan digunakan, penguasaan materi dan kesiapan mental, mengirim guru
mengikuti diklat atau seminar merupakan bagian dari upaya kepala sekolah untuk
meningkatkan kinerja guru. Kepala sekolah harus senantiasa berupaya
meningkatkan kualitas pembelajaran yang dilakukan oleh para guru. b) strategi
pembelajaran terdiri atas metode ceramah, diskusi, tanya jawab,dan praktek, c)
hasil belajar peserta didik identic dengan proses akhir tiap pembelajaran yang
dilakukan oleh guru. 2) Hasil belajar di SMA hasil belajar diwujudkan dengan
angka, yang dapat dilihat dari nilai rapot. Indikator hasil juga dapat dilihat dari
selisih nilai pre-tes dan post-tes baik secara individual maupun kelompok.
Kata Kunci: Kinerja Guru, Hasil Belajar Peserta Didik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 07 Jan 2025 00:54
Last Modified: 07 Jan 2025 00:54
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9808

Actions (login required)

View Item View Item