PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTU ARTICULATE STORYLINE PADA BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEKOLAH DASAR NEGERI 432 TALUMAE KECAMATAN BELOPA KABUPATEN LUWU

ARSYAD, HASRIANTI (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTU ARTICULATE STORYLINE PADA BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEKOLAH DASAR NEGERI 432 TALUMAE KECAMATAN BELOPA KABUPATEN LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (680kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (804kB)
[thumbnail of REPOSITORY.pdf] Text
REPOSITORY.pdf

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK
Hasrianti, 2024. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbantu Articulate
Storyline pada Program Studi Pendidikan Agama Islam Sekolah
Dasar 432 Taluae Kecamatan Belopa Kabupaten Luwu”.
Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri
Palopo.Dibimbing oleh Munir Yusuf dan Nur Fakhrunnisaa.
Penggunaan buku cetak dan metode ceramah dalam proses pembelajaran
yang digunakan guru, membuat peserta didik cenderung merasa jenuh sehingga
dibutuhkan inovasi dengan mengembangkan media pembelajaran, dengan tujuan
penelitian untuk: mengetahui tahapan pengembangan aplikasi articulate storyline,
mengetahui validitas media pembelajaran berbasis articulate storyline, dan hasil
praktikalitas respon peserta didik terhadap penggunaan media articulate storyline.
Jenis penelitian & pengembangan (research & development) dengan
model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu analysis (analisis),
design (perencanaan) development (pengembangan) implementation
(implementasi), evaluation (evaluasi). Subjek penelitian adalah peserta didik
kelas IV SDN 432 Talumae. Teknik pengumpulan data yaitu observasi,
dokumentasi dan angket. Teknik analisis data yang digunakan analisis deskriptif
kuantitatif dan data kualitatif.
Hasil penelitian dari pengembangan media articulate storyline yang
dikembangkan memperoleh hasil validasi dari ahli media sebesar 95%, dengan
kategori “sangat valid”, validasi ahli materi sebesar 96,67% dengan kategori
“sangat valid”. Respon peserta didik diperoleh persentase 83% dengan kategori
“sangat praktis”. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media
articulate storyline pada materi wudhu kelas IV SDN 432 Talumae sangat valid
dan praktis
untuk digunakan.
Kata Kunci: Articulate Storyline, Media Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 297.77 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam
200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 08 Jan 2025 00:57
Last Modified: 08 Jan 2025 00:57
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9813

Actions (login required)

View Item View Item