PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI MELALUI PENGGUNAAN AMPLOP MISTERI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV TEMA MENULIS KARANGAN DI MI DATOK SULAIMAN PUTRA PALOPO

SARNI, SARNI (2024) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI MELALUI PENGGUNAAN AMPLOP MISTERI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV TEMA MENULIS KARANGAN DI MI DATOK SULAIMAN PUTRA PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (329kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (392kB)
[thumbnail of REPOSITORY.PDF] Text
REPOSITORY.PDF

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
SARNI, 2024. “Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Melalui Penggunaan
Amplop Misteri pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV Tema
Menulis Karangan di MI Datok Sulaiman Putra Palopo” Skripsi Program
Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
xxii
Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh ibu
Baderiah dan Ibu Mirnawati
Skripsi ini membahas mengenai peningkatan keterampilan menulis narasi
melalui penggunaan amplop misteri pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas
IV tema menulis karangan di MI Datok Sulaiman Putra Palopo. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan media Amplop Misteri dapat
meningkatkan keterampilan menulis narasi pada siswa kelas IV di MI Datok
Sulaiman Putra Palopo.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
terdiri atas beberapa tahap yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3)
pengamatan atau observasi dan (4) refleksi. Fokus penelitian untuk meningkatkan
keterampilan menulis narasi melalui penggunaan amplop misteri. Adapun subjek
penelitian adalah guru kelas dan peserta didik kelas IV MI Datok Sulaiman Putra
Palopo berjumlah 30 siswa, yang terdiri dari 20 laki-laki dan 10 perempuan.
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan
dokumentasi, kemudian dianalisis secara statistik dan deskriptif.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar pada siklus I
menunjukkan belum maksimal dalam keterampilan menulis narasi siswa kelas IV
MI Datok Sulaiman. Rata-rata skor keterampilan menulis narasi siswa mencapai
73,8 yang masuk dalam kategori "belum mencapai tujuan" sesuai dengan Kriteria
Ketercapaian Tujuan Pembelajaran. Total skor yang diperoleh dari hasil observasi
siklus I adalah 12, dengan nilai konversi keseluruhan sebesar 75 yang masuk
dalam kategori "aktif". Pada siklus II hasil tes menunjukkan peningkatan
signifikan dalam keterampilan menulis narasi siswa dibandingkan dengan hasil
pada siklus I. Rata-rata skor keterampilan menulis narasi siswa pada siklus II
adalah 82,10, yang masuk dalam kategori "Sudah mencapai tujuan" sesuai
dengan Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran. Total skor yang diperoleh
dari hasil observasi siklus II adalah 14.5, dengan nilai hasil konversi keseluruhan
sebesar 90.62 yang masuk dalam kategori "sangat aktif". Dengan demikian,
dapat disimpulkan bahwa metode AMIS efektif dalam meningkatkan
keterampilan menulis narasi siswa, dan strategi pengajaran yang diterapkan sudah
berhasil mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan.
Kata Kunci : Keterampilan Menulis Narasi, Amplop Misteri.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 08 Jan 2025 01:12
Last Modified: 08 Jan 2025 01:12
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9815

Actions (login required)

View Item View Item