GAU', SAMSINAR TANDI (2024) MANAJEMEN PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DALAM MEMBERIKAN KONTRIBUSI TERHADAP KEPUASAN PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 2 LAMASI. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
ABSTRAK.pdf Download (147kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (180kB) |
|
Text
REPOSITORY.PDF Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK
Samsinar Tandi Gau’, 2024. “Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan dalam
Memberikan Kontribusi terhadap Kepuasan Peserta Didik di SMP Negeri
2 Lamasi.”. Skripsi Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Dibimbing Oleh Alauddin dan Tasdin Tahrim
Skripsi ini membahas tentang Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan
dalam Memberikan Kontribusi terhadap Kepuasan Peserta Didik di SMP Negeri 2
Lamasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja layanan jasa
pendidikan yang menarik dipasarkan kepada peserta didik di SMP Negeri 2
Lamasi , srtategi pemasaran jasa pendidikan dalam memberikan kontribusi
terhadap kepuasan peserta didik di SMP Negeri 2 Lamasi, dan apa saja hambatan�hambatan manajemen pemasaran jasa pendidikan dalam memberikan kontribusi
terhadap kepuasan peserta didik di SMP Negeri 2 Lamasi
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Subjek
penelitiannya yaitu kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, kepala tata usaha,
dan peserta didik. Data diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Jasa-jasa pendidikan yang
menarik dipasarkan kepada peserta didik di SMP Negeri 2 Lamasi adalah
penanaman akhlak mulia, pemberian layanan kesehatan, layanan ekstrakurikuler,
dan keorganisasian. (2) Langkah awal yang harus diperhatikan dalam strategi
pemasaran jasa pendidikan dalam memberikan kontribusi terhadap kepuasan
peserta didik di SMP Negeri 2 Lamasi yaitu terdapat pada strategi bauran
pemasaran. Adapun unsur-unsur bauran pemasaran, yaitu Product (produk), Price
(harga), Place (tempat), Promotion (promosi), People (orang), Pshycal Evidence
(bukti fisik), dan Process (Proses). (3) Penghambat manajemen pemasaran jasa
pendidikan dapat menjadi faktor kritis dalam peningkatan kepuasan peserta didik.
Adapun hambatan-hambatan yang memengaruhi kepuasan peserta didik di SMP
Negeri 2 Lamasi yang pertama, yaitu kendala infrastruktur seperti seringnya
pemadaman listrik, persaingan antar lembaga yang semakin kuat, dan kurangnya
manajemen waktu seperti masih ada sebagian guru yang masih menunda-nunda
jadwal.
Kata Kunci: Manajemen pemasaran, jasa pendidikan, kepuasan peserta didik
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Muh. Afandhy Amir |
Date Deposited: | 08 Jan 2025 02:05 |
Last Modified: | 08 Jan 2025 02:05 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9821 |
Actions (login required)
View Item |