STRATEGI PENGEMBANGAN SEKOLAH BERBASIS TEKNOLOGI INDUSTRI DI SMKN 2 PALOPO

RAHMADANI, NURUL HIKMA (2024) STRATEGI PENGEMBANGAN SEKOLAH BERBASIS TEKNOLOGI INDUSTRI DI SMKN 2 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (367kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (456kB)
[thumbnail of REPOSITORY.PDF] Text
REPOSITORY.PDF

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Nurul Hikma. R, 2024. “ Strategi Pengembangan Sekolah Berbasis Teknologi
Industri Di SMKN 2 Palopo ”. Skripsi Program Studi Manajemen
Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut
Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Tasdin Tahrim dan
Hilal Mahmud
Skripsi ini membahas tentang Strategi Pengembangan Sekolah Berbasis
Teknologi Industri Di SMKN 2 Palopo. Penelitian ini bertujuan: Untuk
mengetahui Gambaran Sekolah Berbasis Teknologi Industri Di SMKN 2 Palopo;
Faktor Eksternal Dan Internal Yang Berkontribusi Dalam Pengembangan Sekolah
Berbasis Teknologi Industri Di SMKN 2 Palopo; Strategi Pengembangan Sekolah
Berbasis Teknologi Industri Di SMKN 2 Palopo.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi.
Adapun sumber data penelitian yakni wakil kepala sekolah bagian kurikulum, dan
3 Guru. data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis
data yang digunakan adalah Pengumpulan/Penataan data mentah, kondensasi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian dan pembahasan penelitian ini menunjukkan bahwa
Gambaran SMKN 2 Palopo sebagai Sekolah Berbasis Teknologi Industri dapat
terlihat tidak hanya dalam Kurikulum SMKN 2 Palopo, tetapi juga dalam proses
pelaksanaan pembelajaran, dan proses penilaian yang terintegrasi dengan
kegiatan-kegiatan industri dan memanfaatkan kemajuan teknologi. Adapun faktor
internal yang berkontribusi dalam pengembangan sekolah berbasis teknologi
industri meliputi, kekuatan (strengths) dan kelemahan (weaknesses). kekuatan
utamanya adalah kolaborasi erat dengan industri yang menyediakan peralatan
praktek dan guru tamu. kelemahan utamanya adalah keterbatasan keuangan dan
koneksi internet yang tidak stabil. faktor eksternal yang berkontribusi dalam
pengembangan sekolah berbasis teknologi industri, meliputi peluang
(opportunities) dan tantangan (threats). Peluang utama dalam pengembangan
sekolah berbasis teknologi industri adalah kemajuan teknologi yang cepat dan
Kebijakan pemerintah. tantangan utamanya adalah ketidakmerataan akses
teknologi di antara siswa dan terus berubahnya kebutuhan industri. Adapun
Strategi pengembangan sekolah berbasis teknologi industri yang diterapkan di
SMKN 2 Palopo adalah memanfaatkan alumni, mendirikan Bursa Kerja Khusus
(PKK), dan memperkuat kerjasama dengan industri. Strategi ini menunjukkan
komitmen sekolah dalam menghubungkan pendidikan dengan pasar kerja dan
mempersiapkan siswa dengan keterampilan relevan melalui praktek kerja
lapangan dan penyesuaian kurikulum.
Kata kunci : Strategi Pengembangan, Sekolah, Teknologi Industri

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 658.07 Pendidikan dan Riset Penelitian Manajemen
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 08 Jan 2025 02:13
Last Modified: 08 Jan 2025 02:13
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9822

Actions (login required)

View Item View Item