LESTARI, MEGA PUJI (2024) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MELAFALKAN HURUF HIJAIYAH PESERTA DIDIK KELAS I DI SDN 09 MATEKKO KOTA PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
ABSTRAK.pdf Download (484kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (617kB) |
|
Text
REPOSITORY.PDF Download (11MB) |
Abstract
ABSTRAK
Mega Puji Lestari, 2024. “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam
Meningkatkan Kemampuan Melafalkan Huruf Hijaiyah Peserta Didik
Kelas I di Sekolah Dasar Negeri 09 Matekko Kota Palopo”.
Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan
Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh
Dr. H.Syamsu Sanusi, M.Pd.I dan Subhan, S.Pd.I, M.Pd.
Penelitian ini membahas tentang Strategi Guru Pendidikan Agama Islam
dalam Meningkatkan Kemampuan Melafalkan Huruf Hijaiyah Peserta Didik
Kelas I di Sekolah Dasar Negeri 09 Matekko Kota Palopo. Penelitian ini
bertujuan untuk: (1) Mengetahui kemampuan melafalkan huruf hijaiyah Peserta
Didik kelas I di Sekolah Dasar Negeri 09 Matekko Kota Palopo (2) Mengetahui
Strategi guru dalam meningkatkan kemampuan melafalkan huruf hijaiyah
Peserta Didik kelas I di Sekolah Dasar Negeri 09 Matekko Kota Palopo; (3)
Mengetahui faktor pendukung dan penghambat terhadap meningkatkan
kemampuan melafalkan huruf hijaiyah peserta didik kelas I di Sekolah Dasar
Negeri 09 Matekko Kota Palopo.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Sumber data primer dalam
penelitian antara lain Kepala Sekolah, Guru Pendidikan Agama Islam, dan
Peserta didik kelas I Sekolah Dasar Negeri 09 Matekko. Data diperoleh melalui
observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data yang
digunakan yaitu reduksi data, penyajian data ,penarikan kesimpulan dan
pemeriksaan keabsahan data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kemampuan melafalkan
huruf hijaiyah peserta didik kelas I di Sekolah Dasar Negeri 09 Matekko Kota
Palopo masih kurang maksimal sebab masih ada beberapa siswa yang masih
belum bisa membedakan huruf-huruf hijaiyah yang pengucapannya hampir sama,
(2) Strategi guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kemampuan
melafalkan huruf hijaiyah peserta didik dalam proses pembelajaran ialah
sterategi pembelajaran langsung dengan menggunakan metode iqro dan
bernyanyi. (3) Adapun faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi guru
dalam meningkatkan melafalkan huruf hijaiyah peserta didik di Sekolah Dasar
Negeri 09 Matekko Kota Palopo ialah adanya motivasi dari guru serta fasilitas
yang memadai sedangkan faktor penghambatnya yaitu kondisi atau suasana
kelas yang kurang kondusif, serta kurangnya perhatian keluarga atau lingkungan
keluarga.
Kata Kunci: Strategi, Pendidikan Agama Islam, Huruf Hijaiyah
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muh. Afandhy Amir |
Date Deposited: | 08 Jan 2025 06:54 |
Last Modified: | 08 Jan 2025 06:54 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9824 |
Actions (login required)
View Item |