ANALISIS KESULITAN MENYELESAIKAN SOAL LITERASI MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS X A MAN PALOPO

JAYAPRAWIRA, ARIF (2024) ANALISIS KESULITAN MENYELESAIKAN SOAL LITERASI MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS X A MAN PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (335kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (411kB)
[thumbnail of REPOSITORY.pdf] Text
REPOSITORY.pdf

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK
Arif Jayaprawira, 2024. “Kesulitan Menyelesaikan Soal Literasi Matematika
Peserta Didik Kelas X.A Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Palopo”. Skripsi
Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo. Dibimbing oleh
Nasaruddin dan Sumardin Raupu.
Skripsi ini membahas tentang kesulitan – kesulitan menyelesaikan soal
literasi matematika peserta didik kelas X.A MAN Palopo. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui kesulitan peserta didik menyelesaikan soal literasi matematika
berdasarkan tingkat kemampuan dalam menggunakan konsep, prinsip dan verbal
pada soal literasi matematika.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan
deskriptif. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas X.A MAN Palopo
yang berjumlah 25 orang. Kemudian dipilih 6 subjek yang terdiri dari 2 orang dari
kategori kemampuan tinggi, 2 orang kategori kemampuan sedang, dan 2 orang
untuk kategori kemampuan rendah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan lembar validasi ahli berupa lembar soal tes literasi matematika
dalam bentuk essay dan lembar wawancara.
Hasil penelitian ini menunjukkan kesulitan menyelesaikan soal literasi
matematika peserta didik kelas X.A MAN Palopo adalah: Kesulitan dalam
menggunakan konsep, pada tahap ini peserta didik cenderung mengalami
kesulitan yang disebabkan kurangnya pahaman konsep atau ide abstrak sehingga
peserta didik tidak mampu mendeskripsikan apa yang ditanyakan soal. Kesulitan
dalam menggunakan prinsip, pada tahap ini kesulitan yang dialami peserta didik
terletak pada ketidakmampuan peserta didik menggunakan teorema atau dalil
matematika sehingga mengalami kekeliruan menafsirkan dan tidak dapat
menentukan rumus dalam menyelesaikan soal. Kesulitan dalam menggunakan
verbal, pada tahap ini banyak peserta didik mengalami kesulitan disebabkan
peserta didik masih berkesulitan memahami atau menafsirkan soal dalam bentuk
cerita serta berkesulitan menjawab soal kedalam bentuk matematika.
Kata Kunci : Kesulitan, soal literasi matematika, peserta didik

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 08 Jan 2025 07:09
Last Modified: 08 Jan 2025 07:09
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9826

Actions (login required)

View Item View Item