NAFIRAH, NAFIRAH (2024) STRATEGI PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SEKOLAH DASAR NEGERI 3 SAMPANO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
ABSTRAK.pdf Download (657kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (697kB) |
|
Text
REPOSITORY.PDF Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK
Nafirah, 2024, “Strategi Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah
Dasar Negeri 3 Sampano”. Skripsi Program Studi Manajemen
Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut
Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Munir Yusuf, dan
Alimuddin.
Skripsi ini membahas tentang Strategi Penerapan Kurikulum Merdeka
Belajar di SD Negeri 3 Sampano. Penelitian ini bertujuan: Untuk mengetahui
strategi penerapan Kurikulum Merdeka belajar di SD Negeri 3 Sampano dan
faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan Kurikulum Merdeka belajar
di SD Negeri 3 Sampano.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif. Subjek
penelitian ini adalah kepala sekolah, dan guru. Data penelitian diperoleh melalui
wawancara, dokumentasi, dan observasi dengan analisis data menggunakan
aplikasi ATLAS. ti.
Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa SD Negeri 3 Sampano
menggunakan strategi fungsional dalam penerapan kurikulum merdeka belajar
yang telah disusun dalam KOSP (Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan).
(1) Strategi penerapan Kurikulum Merdeka belajar dilakukan dengan beberapa
tahapan kegiatan sebagai berikut : membuat perencanaan, membentuk kelompok
kerja guru (KKG), membentuk in house training dalam pembuatan modul ajar,
kegiatan P5(Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila), dan didukung oleh
kegiatan ekstrakurikuler serta melakukan evaluasi. (2) Faktor pendukung dalam
penerapan kurikulum merdeka belajar meliputi adanya visi misi sekolah yang
jelas yang harus dicapai; pelatihan dan pengembangan guru; perencanaan kegiatan
yag relevan untuk peserta didik; dan adanya kerjasama kepala sekolah dengan
seluruh komponen yang ada di sekolah; adapun faktor penghambat yaitu
keterbatasan sarana prasarana; kurangnya pengetahuan guru tentang kurikulum
merdeka; heterogenetias siswa dalam kelas
Kata Kunci : Strategi, Kurikulum Merdeka Belajar
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 658.07 Pendidikan dan Riset Penelitian Manajemen |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Muh. Afandhy Amir |
Date Deposited: | 09 Jan 2025 00:53 |
Last Modified: | 09 Jan 2025 00:53 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9831 |
Actions (login required)
View Item |