RINDAYANA, RINDAYANA (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBENTUK LEAFLET BERDASARKAN TEORI BRUNER UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS X MAN 1 LUWU TIMUR. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
ABSTRAK.pdf Download (382kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (609kB) |
|
Text
REPOSITORY.pdf Download (10MB) |
Abstract
ABSTRAK
Rindayana, 2024. “Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbentuk leaflet
Berdasarkan Teori Bruner untuk Meningkatkan Minat Belajar
Siswa Kelas X MAN 1 Luwu Timur”. Skripsi Program Studi
Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo. Dibimbing oleh
Dwi Risky Arifanti dan Lisa Aditya Dwiwansyah Musa.
Skripsi ini membahas tentang Pengembangan Bahan Ajar Leaflet Berdasarkan
Teori Bruner untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas X MAN 1 Luwu Timur.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas media, praktikalitas media, dan
untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran yang dikembangkan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D),
dengan model pengembangan ADDIE Yang terdiri dari lima tahap yaitu: analisis
(Analysis), desain (Design), Pengembangan (Development), implementasi
(Implementation), evaluasi (Evaluation). Subjek penelitian ini adalah 18 siswa kelas
X MAN 1 Luwu Timur. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi ahli
media, materi, angket pratikalitas dan angket minat belajar siswa. Teknik analisis data
yang dilakukan adalah analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif.
Hasil pengembangan bahan ajar leaflet berdasarkan teori Bruner menunjukkan
bahwa hasil validasi ahli media memperoleh rata-rata 88,89% dengan kategori
“sangat valid”. Hasil validasi ahli materi memperoleh rata-rata 80% dengan kategori
“valid”. Hasil uji praktikalitas oleh siswa memperoleh rata-rata 76,56% dengan
ketegori “Praktis”. Hasil uji efektivitas bahan ajar leaflet ini dalam meningkatkan
minat belajar siswa dilihat dari uji N-gain sebesar 0 77% dengan kategori “tinggi”
berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahan ajar leaflet berdasarkan teori
Bruner dapat meningkatkan minat belajar siswa.
Kata kunci: Bahan ajar leaflet, Teori Bruner, Minat belajar siswa
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Muh. Afandhy Amir |
Date Deposited: | 09 Jan 2025 01:05 |
Last Modified: | 09 Jan 2025 01:05 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9833 |
Actions (login required)
View Item |