MANAJEMEN PEMBELAJARAN GURU DALAM MEMBERIKAN KEMAMPUAN LITERASI PESERTA DIDIK KELAS V DI SDN 23 LABUCAE KABUPATEN LUWU

LUKMAN, NABILA (2024) MANAJEMEN PEMBELAJARAN GURU DALAM MEMBERIKAN KEMAMPUAN LITERASI PESERTA DIDIK KELAS V DI SDN 23 LABUCAE KABUPATEN LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (344kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (414kB)
[thumbnail of REPOSITORY.PDF] Text
REPOSITORY.PDF

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Nabila Lukman, 2024. “Manajemen Pembelajaran Guru Dalam Memberikan
Kemampuan Literasi Peserta Didik Kelas V Di SDN 23 Labucae
Kabupaten Luwu”. Skripsi Program Studi Manajemen Pendidikan
Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam
Negeri Palopo. Dibimbing oleh H. Alauddin dan Hasriadi.
Skripsi ini mengkaji tentang Manajemen Pembelajaran Guru Dalam
Memberikan Kemampuan Literasi Peserta Didik Kelas V Di SDN 23 Labucae
Kabupaten Luwu. Penelitian ini bertujuan: Untuk mengetahui manajemen
pembelajaran kelas V di SDN 23 Labucae; Untuk mengetahui peran guru dalam
memberikan kemampuan literasi peserta didik kelas V di SDN 23 Labucae; Untuk
mengetahui tantangan guru dalam memberikan kemampuan literasi peserta didik
kelas V di SDN 23 Labucae.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, yaitu
memberikan gambaran secara lebih rinci terhadap objek penelitian yang
bersumber dari data primer dan sekunder. Data primer dari penelitian yaitu guru
dan peserta didik kelas V di SDN 23 Labucae dimana teknik pengumpulan data
melalui observasi, wawancara dan dokumentasi dengan teknik analisis data
menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pembelajaran di SDN 23
Labucae Kabupaten Luwu yaitu guru melakukan suatu perencanaan dengan
penyusunan perangkat pembelajaran seperti rencana pelaksanaan pembelajaran
(RPP) yang tersusun dengan baik dan sistematis. Adapun indikator manajemen
pembelajaran yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Guru sudah berusaha
untuk memberikan kemampuan literasi dasar pada siswa. Hal itu terlihat pada
kegiatan awal sampai akhir pembelajaran telah menerapkan pembiasaan dan
pelatihan untuk mempertajam literasi pada siswa, literasi siswa kelas V rata-rata
sudah memiliki kemampuan literasi yang terbilang baik. Tantangan guru dalam
memberikan kemampuan literasi peserta didik kelas V di SDN 23 Labucae
Kabupaten Luwu yakni, kemampuan membaca siswa, pengaruh gatged dan
televisi serta faktor lingkungan keluarga.
Kata Kunci: Manajemen pembelajaran, kemampuan literasi , peserta didik

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 658.07 Pendidikan dan Riset Penelitian Manajemen
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 09 Jan 2025 01:19
Last Modified: 09 Jan 2025 01:19
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9839

Actions (login required)

View Item View Item