IMPLEMENTASI PRINSIP-PRINSIP PEMBELAJARAN PENDIDIKANAGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 3 LUWU UTARA

MARWAH, MARWAH (2024) IMPLEMENTASI PRINSIP-PRINSIP PEMBELAJARAN PENDIDIKANAGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 3 LUWU UTARA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (410kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (421kB)
[thumbnail of REPOSITORY.PDF] Text
REPOSITORY.PDF

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Marwah, 2024. “Implementasi Prinsip-Prinsip Pembelajaran Pendidikan Agama
Islam di SMA Negeri 3 Luwu Utara” Skripsi Progaram Studi
Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Institut Agama Islam Negeri Palopo, Dibimbing oleh Sukirman
dan Sarmilah
Skripsi ini membahas implementasi prinsip-prinsip pembelajaran
pendidikan agama Islam di SMA Negeri 3 Luwu Utara. Adapun tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan peserta didik dalam
pembelajaran Pendidikan Agama Islam SMA Negeri 3 Luwu Utara, untuk
mengetahui implementasi prinsip-prisip pembelajaran pendidikan agama Islam di
SMA 3 Luwu Utara
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian
ini adalah guru Pendidikan Agama Islam, metode pengumpulan data penelitian ini
adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan
penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data skunder. Adapun teknik
analisis data pada penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan.
Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa 1. Kesulitan belajar yang dialami
peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam SMA Negeri 3 Luwu
Utara, yaitu: minat belajar yang dimiliki terhadap mata pelajaran Pendidikan
Agama Islam kurang, konsentrasi dalam mengikuti proses pembelajaran mudah
teralihkan, lambat dalam memahami pelajaran. 2. Implementasi prinsip-prinsip
pembelajaran dalam mengatasi kesulitan belajar pelajaran PAI SMA Negeri 3
Luwu Utara yaitu: guru menerapkan prinsip- prinsip pembelajaran motivasi,
prinsip transfer dan retensi, prinsip keaktifan, prinsip keterlibatan, prinsip
pengulangan, dan prinsip tantangan.
Kata Kunci : Implementasi, Pendidikan Agama Islam, Prinsip-prinsip
Pembelajaran

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 09 Jan 2025 01:57
Last Modified: 09 Jan 2025 01:57
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9842

Actions (login required)

View Item View Item