PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) UNTUKMENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELASIV SDN 11 BUNTU BARANAKECAMATAN SULI BARAT KABUPATEN LUWU

HIKMAN, RESKI MAULIDA (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) UNTUKMENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELASIV SDN 11 BUNTU BARANAKECAMATAN SULI BARAT KABUPATEN LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (578kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (697kB)
[thumbnail of REPOSITORY.PDF] Text
REPOSITORY.PDF

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Reski Maulida Hikman, 2024. Penerapan Model Pembelajaran CIRC dalam
Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman pada Kelas IV SDN 11
Buntu Barana Kecamatan Suli Barat Kabupaten Luwu” Skripsi Program
Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing Oleh Nursyamsi
dan Sukmawaty.
Skripsi ini membahas tentang penerapan model pembelajaran CIRC dalam
meningkatkan keterampilan membaca pemahaman pada kelas IV SDN 11 Buntu
Barana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan membaca
pemahaman siswa setelah menggunakan model pembelajaran CIRC. Metode
Penelitian yang akan dilakukan oleh peneliti ini merupakan penelitian tindakan
kelas (PTK) atau classroom Action Research (CAR). Penelitian tindakan kelas
terdiri dari siklus I dan siklus II. Subjek pada penelitian ini yaitu siswa siswi kelas
4 SDN 11 Buntu Barana. Penelitian ini berlangsung selama 1 bulan yakni dari
tanggal 1 November hingga 1 Desember 2023. Lokasi Penelitian ini mengambil
lokasi di Sekolah Dasar (SD) tepatnya di SDN 11 Buntu Barana letaknya di desa
Buntu Barana Kecamatan Suli Barat Kabupaten Luwu. Instrumen data yang
digunakan yaitu observasi dan instrumen tes kemampuan membaca pemahaman.
Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data
kuantitatif dan kualitatif.
Penelitian ini dilakukan selama 2 siklus yaitu siklus 1 dan siklus II. Dapat
diketahui bahwa hasil keterampilan membaca pemahaman siswa mengalami
peningkatan dari siklus 1 ke siklus II. Perbandingan nilai prates keterampilan
membaca pemahaman dengan hasil tes keterampilan membaca pemahaman siklus
I setiap peserta didik melakukan jumlah hasil yang berbeda-beda. Indikator masih
belum mencapai pada siklus I, karena masih ada peserta didik yang belum
mencapai nilai maksimal. Hanya 10 peserta didik yang tuntas (52,63%) dan nilai
rata rata 69,84. Hasil dari implementasi model ini menunjukkan peningkatan
signifikan dalam pemahaman bacaan dan kualitas tulisan siswa pada siklus II ini.
Dari hasil pembelajaran siklus II jumlah rata-rata tes yaitu 86,89%, jumlah peserta
didik yang tuntas 17 peserta didik dari 19 peserta didik, jumlah peserta didik yang
tidak tuntas 2 dan persentase klasikal sudah mencapai 89,47%. Dengan demikian
dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran CIRC dapat
meningkatkan keterampilan membaca pemahaman pelajaran Bahasa Indonesia
pada peserta didik kelas IV semester I SDN 11 Buntu Barana.
Kata Kunci: Model Pembelajaran, Model Circ, Membaca Pemahaman

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 09 Jan 2025 06:07
Last Modified: 09 Jan 2025 06:07
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9848

Actions (login required)

View Item View Item