AMRAN, NURHALISA (2024) KINERJA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 2 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
ABSTRAK.pdf Download (544kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (475kB) |
|
Text
REPOSITORY.PDF Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK
Nurhalisa Amran, 2024. “Kinerja Guru Bimbingan Dan Konseling Sebagai
Upaya Peningkatan Disiplin Peserta Didik Di Smp Negeri 2 Palopo”
Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan
Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh
Hj. Nursaeni, dan H. M. Arief R,
Skripsi ini membahas tentang Kinerja Guru Bimbingan dan Konseling
dalam meningkatkan kedisiplinan Peserta Didik Di Smp Negeri 2 Palopo.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja guru bimbingan dan konseling
dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik, serta faktor pendukung dan
penghambat guru bimbingan dan konseling dalam menerapkan kedisiplinan peserta
didik di Smp Negeri 2 Palopo.
Jenis Penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode
fenomenologi dan deskriptif, Teknik pengumpulan data yang di guanakan yaitu
wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan
teknik interaktif yang mencakup kondensasi, penyajian, dan penarikan Kesimpulan,
Adapun subjek dari penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru dan siswa di Smp
Negeri 2 Palopo
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Kinerja guru bimbingan
konseling di nilai efektif, meskipun masih terdapat beberapa tantangan yang diatasi
melalui peningkatan kompetensi dan juga kerja sama yang lebih baik. (2) Tingkat
Kedisiplinan peserta didik masih tergolong rendah, akan tetapi pihak sekolah
mengupayakan peningkatan kedisiplinan peserta didik dengan memperkuat
kolaborasi antara semua pihak yang terlibat, memperbaiki system evaluasi
kedisiplinan dan terus melakukan penyesuaian terhadap tantangan yang di hadapai
(3) Kedisiplinan di Smp Negeri 2 Palopo di dukung oleh program-program guru
BK serta kerja sama yang baik antara guru BK, wali kelas, dan pihak sekolah.
Meskipun terdapat beberapa hambatan yaitu pengaruh lingkungan sosial , Tingkat
partisipasi orang tua yang beragam, dan rasio yang tdk seimbang antara guru BK
dan siswa, namun pihak sekolah mengupayakan hambatan tersebut untuk
mengoptimalkan program kedisiplinan dan meminimalisir hambatan yang ada.
Kata Kunci: Kinerja Guru Bimbingan dan Konseling, Kedisiplinan Peserta didik
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 658.07 Pendidikan dan Riset Penelitian Manajemen |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Muh. Afandhy Amir |
Date Deposited: | 09 Jan 2025 06:51 |
Last Modified: | 09 Jan 2025 06:51 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9851 |
Actions (login required)
View Item |