PENGARUH PROGRAM PELATIHAN KURIKULUM MERDEKA TERHADAP PENINGKATAN KOMPETENSI PENDIDIK DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI KOTA PALOPO

HAFIFA S, ST RAHMA (2024) PENGARUH PROGRAM PELATIHAN KURIKULUM MERDEKA TERHADAP PENINGKATAN KOMPETENSI PENDIDIK DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI KOTA PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (370kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (444kB)
[thumbnail of REPOSITORY.PDF] Text
REPOSITORY.PDF

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
St Rahma Hafifa S, 2024 “Pengaruh Program Pelatihan Kurikulum Merdeka
terhadap Peningkatan Kompetensi Pendidik di Madrasah Tsanawiyah
Negeri Kota Palopo”. Skripsi Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Palopo,
dibimbing oleh Hj. Nursaeni, S. Ag., M. Pd. dan Erwatul Efendi, S. Pd. I,.
M.Pd.
Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Program Pelatihan Kurikulum
Merdeka terhadap Peningkatan Kompetensi Pendidik di Madrasah Tsanawiyah
Negeri Kota Palop. Penelitian ini bertujuan: untuk mengetahui program pelatihan
kurikulum merdeka di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Palopo; untuk
mengetahui kompetensi pendidik di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Palopo;
untuk mengetahui pengaruh program pelatihan kurikulum merdeka terhadap
peningkatan kompetensi pendidik di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Palopo.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan
deskriptif. Adapun jumlah populasi dan sampel adalah seluru pendidik yang telah
mengikuti pelatihan kurikulum merdeka di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota
Palopo yang berjumlah 20 orang. Sampel yang digunakan sebanyak 20 tenaga
pendidik. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Sedangkan teknik
analisis statistik yang digunakan untuk mengolah data hasil penelitian, yaitu
analisis statistik deskriptif, analisis statistik inferensial, analisis regresi sederhana,
uji hipotesisi (uji-t) dan koefesien determinasi dengan menggunakan bantuan
Microsoft Office Excel dan Software SPSS vers 25.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Program pelatihan kurikulum
merdeka yang memperoleh nilai persentase sebesar 79% maka dapat dikatakan
bahwa program pelatihan kurikulum merdeka di Madrasah Tsanawiyah Negeri
Kota Palopo berjalan dengan baik. 2) Kompetensi pendidik di Madrasah
Tsanawiyah Negeri Kota Palopo memberikan peningkatan, hal ini dapat dilihat
pada rata-rata persentase nilai keseluruhan dari aspek kompetensi pendidik yang
memperoleh nilai persentase sebesar 78% maka dapat dikatakan bahwa
kompetensi pendidik dikategorikan baik. 3) Program pelatihan kurikulum
merdeka berpengaruh terhadap peningkatan kompetensi pendidik di Madrasah
Tsanawiyah Negeri Kota Palopo hal ini dapat dilihat dari perolehan R square yaitu
sebesar 28,7% maka dapat dikataka bahwa program pelatihan kurikulum merdeka
di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Palopo berpengaruh terhadap peningkatan
kompetensi pendidik sebesar 28,7%.
Kata Kunci: Pelatihan Kurikulum Merdeka, Kompetensi Pendidik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 658.07 Pendidikan dan Riset Penelitian Manajemen
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 13 Jan 2025 01:17
Last Modified: 13 Jan 2025 01:17
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9862

Actions (login required)

View Item View Item