WULANDARI, ANGGI (2024) PENGEMBANGAN MEDIA MINIATUR PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI IBADAH HAJI KELAS IX SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 TANALILI KECAMATAN TANALILI KABUPATEN LUWU UTARA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
ABSTRAK.pdf Download (421kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (430kB) |
|
Text
REPOSITORY.PDF Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK
Anggi Wulandari, 2024 “Pengembangan Media Miniatur pada Pembelajaran PAI
Materi Haji di Kelas IX SMPN 2 Tanalili (Stusi Kelas di SMPN 2 Tanalili”
skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh (1) Dr.
Mardi Takwim, M.HI. (2) Drs. H. M. Arief R, M.Pd.I.
Skripsi ini membahas tentang Pengembangan Media Miniatur pada
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Materi Haji Di kelas IX Smpn 2 Tanalili.
Adapun yang menjadi pokok permasalahan dalam penelitian ini yaitu:
1. Bagaimana tahapan pengembangan media pembelajaran berbasis miniatur
pada mata pelajaran PAI materi haji di kelas IX SMPN 2 Tanalili.
2. Bagaimana validitas media pembelajaran berbasis miniatur pada mata
pelajaran PAI materi haji di kelas IX SMPN 2 Tanalili.
3. Bagaimanakah kepraktisan media miniatur pada mata pelajaran PAI materi haji
di kelas IX SMPN 2 Tanalili.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran prosedur Pengembangan
Miniatur pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Materi Haji Di kelas IX
Smpn 2 Tanalili memenuhi valid dan praktis.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau yang biasa dikenal
research and development (R&D) dengan menggunakan model penelitian ADDIE
yaitu: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Penelitian
ini dilakukan di SMP Negeri 2 Tanalili dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas
IX yang berjumlah 30 orang.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pengembangan media
pembelajaran yang digunakan yaitu penelitian pengembangan R&D dengan
menggunakan model penelitian ADDIE dengan beberapa tahap yaitu Analysis
(analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation
(Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). 2) Hasil validitas media pembelajaran
miniatur yang dikembangkan pada materi ibadah haji diperoleh hasil validasi media
sebesar 91.6% dengan kategori sangat valid, dan hasil dari vaidasi ahli materi
diperoleh hasil validasi sebesar 97.5% dengan kategori sangat valid. Dengan
demikian media miniatur ini memiliki nilai rata-rata 94.5% dengan kategori sangat
valid. 3) Berdasarkan hasil uji praktikalitas pendidik dan peserta didik, media
pembelajaran miniatur yang dikembangkan oleh peneliti masing-masing
memperoleh presentase 97.5% dari pendidik dan presentase rata-rata 87.25% dari
peserta didik, sehingga media miniatur memenuhi kriteria kepraktisan dengan
kategori sangat praktis.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Miniatur, Ibadah Haji, SMPN 2 Tanalili
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muh. Afandhy Amir |
Date Deposited: | 13 Jan 2025 07:18 |
Last Modified: | 13 Jan 2025 07:18 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9872 |
Actions (login required)
View Item |