MAGFIRAH, MAGFIRAH (2024) PENGARUH MODEL LAYANAN PEMBUKAAN REKENING ONLINE DAN SOSIALISASI BANK SYARIAH INDONESIA TERHADAP MINAT TRANSAKSI MAHASISWA FEBI IAIN PALOPO. Diploma thesis, IAIN Palopo.
![[thumbnail of SKRIPSI MAGFIRAH (PBS 20).pdf]](http://repository.iainpalopo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI MAGFIRAH (PBS 20).pdf
Download (5MB)
Abstract
Magfirah, 2024. “Pengaruh Model Layanan Pembukaan Rekening Online dan Sosialisasi Bank Syariah Indonesia Terhadap Minat Transaksi Mahasiswa FEBI IAIN Palopo”. Skripsi program studi perbankan syariah, fakultas ekonomi dan bisnis islam institut agama islam negeri palopo. Dibimbing oleh Rismayanti. Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Model Layanan Pembukaan Rekening Online dan Sosialisasi Bank Syariah Indonesia Terhadap Minat Transaksi Mahasiswa FEBI IAIN Palopo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Pengaruh Model Layanan Pembukaan Rekening Online dan Sosialisasi Bank Syariah Indonesia Terhadap Minat Transaksi Mahasiswa FEBI IAIN Palopo. Penelitian ini menggunakan mix methods atau penelitian kombinasi. Populasinya adalah mahasiswa FEBI IAIN Palopo, dengan populasi 410 mahasiswa yang membuka rekening di BSI. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling dengan jumlah sampel yang ada yaitu 80 mahasiswa. Data diperoleh melalui observasi, dokumentasi, wawancara,
serta kuesioner. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel model layanan pembukaan rekening online (X1) berpengaruh (20,3%) signifikan terhadap minat (Y) transaksi mahasiswa FEBI IAIN Palopo dengan tingkat signifikan sebesar
0,017 < = 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. variabel sosialisasi (X2) berpengaruh (70,5%) signifikan terhadap minat (Y) transaksi mahasiswa FEBI IAIN Palopo, dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < = 0,05. Maka Ho ditolak
dan H1 diterima. Secara simultan menunjukkan bahwa besarnya nilai kosefisien determinasi ditunjukkan oleh nilai R square yaitu sebesar 47,2% dan 52,8% dipengaruhi oleh variabel lain diluar persamaan regeresi ini atau variabel yang
tidak di teliti.Data kuantitatif tersebut didukung dengan hasil wawancara kepada beberapa responden yang menyatakan bahwa model layanan pembukaan rekening online dan sosialisasi berpengaruh terhadap minat transaksi mahasiswa FEBI IAIN Palopo. Kemudian model layanan pembukaan rekening online dan sosialisasi bank syariah indonesia secara simultan dapat mempengaruhi minat transaksi mahasiswa FEBI IAIN Palopo. Dengan demikian data kualitatif ini
memperkuat data kuantitatif dan memperluas data kuantitatif yaitu dengan menambah faktor-faktor lain yang mepengaruhi minat transaksi mahasiswa FEBI IAIN Palopo angkatan 2020-2023 di Bank Syariah Indonesia.
Kata kunci : Minat, Rekening online, Sosialisasi
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu sosial > 332.1 Bank, Perbankan |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Perbankan Syariah |
Depositing User: | Mr Hamka Hamka |
Date Deposited: | 07 May 2025 02:30 |
Last Modified: | 07 May 2025 02:30 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9930 |