Salmayanti, Salmayanti (2024) STRATEGI BAURAN PEMASARAN PADA USAHA MIKRO GENERASI Z DI DESA SUKAMAJU KECAMATAN SUKAMAJU KABUPATEN LUWU UTARA. Diploma thesis, IAIN Palopo.

[thumbnail of SKRIPSI SALMAYANTI (EKIS 20).pdf] Text
SKRIPSI SALMAYANTI (EKIS 20).pdf

Download (3MB)

Abstract

Salmayanti, 2024.“Strategi Bauran Pemasaran Pada Usaha Mikro Generasi Z di Desa Sukamaju Kecamatan Sukamaju Kabupaten Luwu Utara”,
Skripsi Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan
Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Edi Indra Setiawan, S.E., M.M
Skripsi ini membahas tentang Strategi Bauran Pemasaran pada Usaha Mikro Generasi Z di Desa Sukamaju Kecamatan Sukamaju Kabupaten Luwu Utara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi strategi bauran
pemasaran pada usaha mikro generasi Z di Desa Sukamaju Kecamatan Sukamaju
Kabupaten Luwu Utara serta peluang dan tantangan pada usaha mikro generasi Z
di Desa Sukamaju Kecamatan Sukamaju Kabupaten Luwu Utara. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif deskriptif. Melalui observasi dan wawancara terhadap 5 informan di Desa Sukamaju ditemukan bahwa: 1). Strategi
bauran pemasaran yang dilakukan pelaku usaha Generasi Z yaitu Strategi Product berupa inovasi dan kreativitas melalui kreasi produk yang khas dan menarik, menjaga kualitas produk, melakukan diversifikasi produk dengan menciptakan
menu-menu baru dan mengembangkan produk lebih bervariasi dari segi ukuran, model, dan warna. Strategi Price yaitu dengan menawarkan harga yang relatif murah di sesuaikan dengan kualitas dari produk tersebut, menerapkan potongan harga dan diskon serta pemberian free gift kepada Customer. Strategi Promotion berupa pembuatan akun di media sosial yaitu Facebook, Instagram, TikTok,
Shopee dan Whatsapp sebagai tempat untuk mengupload berbagai produk yang dijual. Strategi Place berupa fleksibilitas dalam pemesanan online, pengiriman produk serta lokasi yang mudah dijangkau konsumen. 2). Peluang usaha mikro
Generasi Z di Desa Sukamaju yaitu kemampuan untuk menciptakan barang�barang yang unik dan menarik, pemanfaatan media sosial sebagai media promosi
dan penggunaan modal usaha yang minim. Adapun tantangan yang dihadapi yaitu bahan baku dan barang yang dipesan pengirimannya lama dan terkadang terjadi kerusakan, berubahnya selera konsumen, harga bahan baku di supplier naik dan lokasi usaha yang kurang strategis.
Kata Kunci: Bauran Pemasaran, Generasi Z, Usaha Mikr

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 200 Agama > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Mr Hamka Hamka
Date Deposited: 08 May 2025 07:12
Last Modified: 09 May 2025 02:28
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9976

Actions (login required)

View Item
View Item