DELIA, TASYA MELSA (2024) PENGENDALIAN PERILAKU KONSUMTIF BELANJA ONLINE PADA TIKTOK SHOP (STUDI PADA MAHASISWAIAIN PALOPO). Diploma thesis, IAIN Palopo.
![[thumbnail of SKRIPSI TASYA MELSA DELIA (EKIS 20).pdf]](http://repository.iainpalopo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI TASYA MELSA DELIA (EKIS 20).pdf
Download (4MB)
Abstract
Tasya Melsa Delia, 2024. “Pengendalian Perilaku Konsumtif Belanja Online Pada
Tiktok Shop (Studi pada Mahasiswa IAIN Palopo”. Skripsi Program Studi
Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam
Negeri Palopo. Dibimbing oleh Hardianti Yusuf, S.E.Sy., M.E.
Skripsi ini membahas tentang pengendalian perilaku konsumtif belanja
online pada tiktok shop (studi pada mahasiswa IAIN Palopo). Adapun tujuan
penelitian untuk mengetahui dan mendeskripsikan perilaku konsumtif dan
pengendalian perilaku konsumtif belanja online pada Tiktok Shop di kalangan
mahasiswa IAIN Palopo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif
dengan penelitian studi kasus, dengan menganalisis pengendalian perilaku
konsumtif pada mahasiswa Institut Agama Islam Negeri Palopo. Adapun teknik
pengumpulan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini adalah perilaku konsumtif belanja online pada
mahasiswa Institut Agama Islam Negeri Palopo terjadi karena gemarnya mahasiswa
melakukan transaksi belanja online dengan membeli produk fashion, kecantikan,
dan produk yang sedang menjadi trend untuk menunjang penampilan. Selain itu
kemudahan bertransaksi, promosi, video konten yang ada di Tiktok, potongan
harga, harga yang lebih murah, gratis ongkir, serta pengaruh dari teman juga
berpengaruh pada terjadinya perilaku konsumtif belanja online pada mahasiswa.
Pengendalian diri yang dilakukan mahasiswa Institut Agama Islam Negeri Palopo
dilakukan saat mereka merasa bahwa telah melakukan belanja online secara
berlebihan. Pengendalian yang mereka lakukan dengan cara mementingkan skala
prioritas kebutuhan atau mengurangi belanja online dan sebagian mengurangi
mengakses tiktok untuk menghindari pengaruh-pengaruh dari video-video konten
yang ada.
Kata Kunci : Belanja Online, Pengendalian, Perilaku Konsumtif, Tiktok Shop.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Mr Hamka Hamka |
Date Deposited: | 09 May 2025 01:17 |
Last Modified: | 09 May 2025 02:17 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9985 |