SARI, NURLIA INDAH (2024) PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV DI SDN 52 PATTEDONG KECAMATAN PONRANG SELATAN KABUPATEN LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
ABSTRAK.pdf
Download (141kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (189kB)
REPOSITORY.PDF
Download (7MB)
Abstract
ABSTRAK
Nurlia Indah Sari, 2024. “Penerapan Media Pembelajaran Video Animasi Dalam 
Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran IPAS Kelas 
IV di SDN 52 Pattedong di Kecamatan Ponrang Selatan, Kabupaten 
Luwu.”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru dan Madrasah Ibtidayah
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo. 
Dibimbing oleh Muhammad Guntur. dan Hisbullah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran penerapan media 
pembelajaran video animasi pada pembelajaran IPAS dan peningkatan hasil belajar 
dengan menggunakan media pembelajaran video animasi pada pembelajaran IPAS 
di SDN 52 Pattedong, Kecamatan Ponrang Selatan, Kabupaten Luwu. 
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang 
dilaksanakan dengan dua siklus. Peran dalam penelitian ini adalah peserta didik 
kelas IV SDN 52 Pattedong dengan jumlah peserta didik 16 orang. Data diperoleh 
dari observasi, dokumentasi tes dan wawancara. Analisis data yang digunakan data 
kualitatif dan data kuantitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus I jumlah peserta didik 
yang mencapai standar penilaian mencapai 66,88. Namun dikarenakan belum 
mencapai target peneliti melanjutkan ke siklus ke II, adapun jumlah peningkatan 
yang terjadi pada siklus II yaitu mencapai 88,75. Dengan jumlah persentase tersebut 
maka peneliti menghentikan tindakannya dan menarik kesimpulan bahwa 
penggunaan video animasi saat proses pembelajaran dapat meningkatkan nilai 
peserta didik kelas IV, dibuktikan dengan observasi pada siklus I yang belum 
maksimal dengan nilai 36,6 % , sehingga dilanjutkan pada siklus II menjadi 
maksimal dengan nilai 80%. Penelitian ini berimplikasi pada penggunaan media 
video animasi oleh guru untuk meningkatnya hasil belajar peserta didik.
Kata kunci : Hasil Pembelajaran, Video Animasi
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Subjects: | 300 Ilmu sosial > 371.36 Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu | 
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | 
| Depositing User: | S.E Irwansyah Muchtar | 
| Date Deposited: | 16 May 2024 03:28 | 
| Last Modified: | 16 May 2024 03:28 | 
| URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8790 | 
