MUNIF, SULTAN ABDUL (2024) ANALISIS NILAI KARAKTER DALAM METODE HIPNOTEACHING PADA PESERTA DIDIK. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
ABSTRAK.pdf
Download (563kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (688kB)
REPOSITORY.pdf
Download (2MB)
Abstract
ABSTRACK
Sultan Abdul Munif, 2023, “Analisis Nilai Karakter dalam Metode Hipnoteaching 
Pada Peserta Didik” skripsi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah
Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam 
Negeri Palopo, Pembimbing (I) Baderiah, dan Pembimbing (II) Hisbullah.
Skripsi ini membahas mengenai Analisis Nilai Karakter dalam Metode 
Hipnoteaching pada Peserta Didik, peneliti menemukan bahwa nilai karakter 
sangatlah penting dalam kegiatan dan kehidupan siswa, Adapun tujuan penelitian 
sebagai berikut: 
Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui konsep nilai pendidikan 
karakter pada peserta didik di tingkat madrasah ibtidaiyah. (2) Untuk mengetahui 
konsep metode hypnoteaching dalam pembelajaran di tingkat madrasah ibtidaiyah.
(3) Untuk mengetahui konsep integrasi nilai-nilai pendidikan karakter dalam sintaks 
metode hypnoteaching pada pembelajaran di tingkat madrasah ibtidaiyah. Metode 
yang digunakan adalah metode : penelitian pustaka (library research), 
yakni penelitian yang obyek kajiannya menggunakan data pustaka berupa buku-buku 
sebagai sumber datanya. Melalui buku-buku yang terkait dengan penelitian. 
Hasil penelitian yaitu : Integrasi metode hypnoteaching dengan nilai karakter 
pada peserta didik dalam mengaitkan metode hypnoteaching dengan nilai karakter 
pada peserta didik dapat dilihat melalui langkah-langkah sebagai berikut, pada 
kenyataannya guru belum sepenuhnya menjadi fasilitator dan sebagian masih 
menggunakan konsep dan metode yang konvensional sehingga proses pembelajaran 
masih didominasi oleh guru, dampaknya terjadi kebosanan peserta didik dalam proses 
pembelajaran, hal ini mempengaruhi sikap dan motivasi belajar peserta didik menjadi 
rendah, peserta didik terkesan ogah-ogahan tidak bersemangat dalam belajar dan 
materi yang disampaikan kurang terserap dengan optimal. Karena itu diperlukan 
upaya untuk memperbaiki pelayanan kebutuhan peserta didik khususnya pada sikap 
dan motivasi belajar yang akan menjadi tumpuan terciptanya kondisi belajar yang 
mendukung proses pembelajaran.
Kata kunci : Nilai karakter, Metode Hypnoteaching, Peserta didik
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Subjects: | 200 Agama > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah | 
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | 
| Depositing User: | Muh. Afandhy Amir | 
| Date Deposited: | 03 Jan 2025 06:57 | 
| Last Modified: | 03 Jan 2025 06:57 | 
| URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9793 | 
