Khatima, Khusnul (2018) PENGGUNAAN MEDIA KONKRET PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS I SDN 193 TAMUKU KECAMATAN BONE-BONE KABUPATEN LUWU UTARA. Diploma thesis, IAIN Palopo.
![[thumbnail of Skripsi Khusnul Khatima]](http://repository.iainpalopo.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
Skripsi Khusnul Khatima.zip
Download (390kB)
Abstract
Kata Kunci : Media Konkret, Hasil Belajar Matematika
Pokok Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan media konkret dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas I SDN 193 Tamuku pada materi penjumlahan dan pengurangan?
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas I SDN 193 Tamuku yang berjumlah 16 orang terdiri dari 7 laki-laki dan 9 perempuan. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, tes, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: dengan menggunakan media konkret seperti lidi dan kerikil dapat meningkatkan hasil belajar siswa penjumlahan dan pengurangan di kelas I SDN 193 Tamuku Kecamatan Bone-bone Kabupaten Luwu Utara. Dengan melihat peningkatan hasil tes pada setiap siklus yang menandakan dengan menggunakan media konkret hasil belajar siswa meningkat yaitu mulai dari prasiklus, siklus I dan siklus II pada mata pelajaran Matematika materi penjumlahan dan pengurangan. Adapun data yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa kelas I SDN 193 Tamuku Kecamatan Bone-bone Kabupaten Luwu Utara, pada tahap prasiklus sebelum menggunakan media konkret nilai rata-rata siswa 51. Pada tahap siklus I setelah menggunakan media konkret nilai rata-rata siswa 65, dengan persentase ketuntasan 25%. Sehingga peneliti melanjutkan penelitian selanjutnya ke siklus II karena pada siklus I nilai rata-rata siswa belum maksimal dan belum mencapai nilai KKM yaitu 70. Pada tahap siklus II nilai rata-rata siswa 85, dengan persentase ketuntasan 94%, dengan ini nilai rata-rata siswa sudah mencapai KKM.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 511.3 Logika Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Dahniar Abdullah |
Date Deposited: | 22 Aug 2025 00:55 |
Last Modified: | 22 Aug 2025 00:55 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/11059 |