EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS X IPA SMA NEGERI 3 LUWU TIMUR

S, NURFADILLA (2023) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS X IPA SMA NEGERI 3 LUWU TIMUR. Diploma thesis, IAIN Palopo.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (887kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (958kB)
[thumbnail of Skripsi Nurfadilla S (1902040020).pdf] Text
Skripsi Nurfadilla S (1902040020).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (43MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran cooperative
integrated reading and composition dalam meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa. 2)
Mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang tidak memperoleh pembelajaran
dengan model cooperative integrated reading and composition. 3) Mengetahui kemampuan pemahaman
konsep matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model cooperative integrated reading
and composition. 4) Mengetahui efektivitas pembelajaran dengan model cooperative integrated reading
and composition terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas X IPA
SMA Negeri 3 Luwu Timur. Penelitian ini menggunakan desain penelitian true eksperiment dengan tipe
pre-test and post-test control group design. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah
cluster random sampling dengan jumlah sampel 72 orang siswa. Data diperoleh melalui lembar tes dan
lembar observasi. Data dianalisis menggunakan teknik statistik deskriptif dan inferensial. Hasil
observasi aktivitas siswa dan aktivitas guru menunjukkan bahwa model pembelajaran cooperative
integrated reading and composition terlaksana dengan baik. Penelitian ini menunjukkan bahwa
kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas X IPA SMA Negeri 3 Luwu Timur yang tidak
memperoleh pembelajaran dengan model cooperative integrated reading and composition menunjukkan
hasil rata-rata dengan nilai 62,50 yang tergolong rendah. Untuk siswa kelas X IPA yang memperoleh
model pembelajaran cooperative integrated reading and composition, nilai rata-rata tersebut naik
menjadi 88,61 dan dapat diklasifikasikan dalam kategori tinggi. Model pembelajaran cooperative
integrated reading and composition terbukti efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis
siswa kelas X SMA Negeri 3 Luwu Timur. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata kemampuan pemahaman
konsep matematis siswa lebih tinggi setelah menerapkan model cooperative integrated reading and
composition dibandingkan dengan nilai rata-rata kemampuan pemahaman konsep siswa yang tidak
menerapkan model tersebut.
Kata kunci: Efektivitas, Model Cooperative Integrated Reading and Composition, Pemahaman Konsep

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: sainuddin sako
Date Deposited: 07 Feb 2024 06:17
Last Modified: 07 Feb 2024 06:17
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8265

Actions (login required)

View Item View Item