PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SCRAPBOOK BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATERI BAGIAN DAN FUNGSI TUMBUHAN KELAS IV SDN 21 TADETTE KABUPATEN LUWU

SUCIANTI, SUCIANTI (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SCRAPBOOK BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATERI BAGIAN DAN FUNGSI TUMBUHAN KELAS IV SDN 21 TADETTE KABUPATEN LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ABSTRACT.pdf] Text
ABSTRACT.pdf

Download (399kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (800kB)
[thumbnail of SUCIANTI (PGMI 2019) REPOSITORY.pdf] Text
SUCIANTI (PGMI 2019) REPOSITORY.pdf

Download (11MB)

Abstract

ABSTRAK
Sucianti, 2024. “Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook berbasis
kontekstual pada Materi Bagian dan Fungsi Tumbuhan Kelas IV SDN
21 Tadette Kota Belopa”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru
Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut
Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Nilam Permatasari
Munir dan Nur Fakhrunnisaa.
Penelitian ini bertujuan untuk mendesain pengembangan media
pembelajaran scrapbook berbasis kontekstual pada materi bagian dan fungsi
tumbuhan kelas IV SDN 21 Tadette Kota Belopa; mengetahui hasil validitas
pengembangan media pembelajaran scrapbook berbasis kontekstual pada materi
bagian dan fungsi tumbuhan kelas IV SDN 21 Tadette Kota Belopa; dan
mengetahui hasil praktikalitas pengembangan media pembelajaran scrapbook
berbasis kontekstual pada materi bagian dan fungsi tumbuhan kelas IV SDN 21
Tadette Kota Belopa.
Penelitian menggunakan jenis penelitian R&D (Research and Development)
dengan model pengembangan 4D (define, design, develop, dan disseminate).
Penelitian ini dilakukan di SDN 21 Tadette Kota Belopa dan menghasilkan
media pembelajaran scrapbook dengan format presentasi yang berisi materi
bagian dan fungsi tumbuhan kelas IV SD . Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah observasi, wawancara, dan angket. Data yang diperoleh
kemudian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif.
Penelitian ini menghasilkan produk berupa media pembelajaran scrapbook
berbentuk buku menggunakan kertas glossy dengan ukuran A4 materi yang
disajikan didalamnya terdapat pembahasan tentang bagian tumbuhan yaitu akar,
batang, daun, bunga, biji dan buah serta fungsi tumbuhan bagi manusia di
kreasikan dengan contoh gambar berbentuk stiker yang dapat dilepas pasang.
Kemudian divalidasi oleh 3 orang ahli, adapun hasil validasi ahli yaitu ahli
materi dengan persentase sebesar 96,15% kategori (sangat layak), ahli bahasa
83,33% kategori (layak), dan ahli media 86,53% kategori (layak). Hasil
praktikalitas diperoleh dari peserta didik sebesar 90,19% dan pendidik sebesar
95,83%, keduanya memenuhi kategori sangat praktis. Hal ini menunjukkan
bahwa produk yang dikembangkan memiliki tingkat kevalidan yang tinggi.
Kata Kunci: Kontekstual, Media Pembelajaran, Scrapbook
xxiii
ABSTRACT
Sucianti, 2024. "Development of Contextual-based Scrapbook Learning Media on
Plant Parts and Functions Class IV SDN 21 Tadette Belopa City".
Thesis of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education Study Program
Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, Institute of Islam IAIN
Palopo. Supervised by Nilam Permatasari Munir and Nur Fakhrunnisaa.
This study aims to: design the development of contextual-based scrapbook
learning media on the material of parts and functions of plants in class IV SDN 21
Tadette Belopa City; determine the validity results of the development of
contextual-based scrapbook learning media on the material of parts and functions
of plants in class IV SDN 21 Tadette Belopa City; and knowing the results of the
practicality of developing contextual-based scrapbook learning media on the
material of parts and functions of plants in class IV SDN 21 Tadette Belopa City.
The research used a type of R&D (Research and Development) research with
the 4D development model (define, design, develop, and disseminate). This
research was conducted at SDN 21 Tadette, Belopa City and produce scrapbook
learning media with presentation format containing plant parts and functions in
class IV SD. The data collection techniques used were observation, interview, and
questionnaire. The data obtained were then analyzed qualitatively and
quantitatively.
This study produced a product in the form of scrapbook learning media
validated by 3 experts, as for the results of expert validation, namely material
experts with a percentage of 96.15% category (very feasible), linguists 83.33%
category (feasible), and media experts 86.53% category (feasible). Practicality
results were obtained from students by 90,19% and educators by 95,83%, both of
which met the very practical category. This shows that the product developed has
a high level of validity.
Keywords: Contextual, Learning Media, Scrapbooks
xxiv
ت جري دي
ان مبئ ى ان م صب صبث سجم ع هٗ ان مبئ ًت ان خع هى ٔ سبئ ط ح طٕٚ ز" 2024. ، سو ش يان تي
االب خذائ ٛت ان ًذر ست ان زاب عت ان ذرجت يٍ ان ٕظ ٛ فت ٔيٕاد ان ُ ببث جزء ع هٗ ان س ٛبق ع هٗ
ك ه ٛت االب خذعبئ ٛت، ان ًذر ست يع هًٙ درا ست ب زَ بيج أطزٔحت ."ب ٛ هٕب ب ح بدٚ ج يذٚ ُت 21
َ ٛالو يٍ ب خٕج ّٛ .ان ح كٕيٙ اإل ساليٙ ب بن ٕب ٕ ديعّ ان ًع هً ،ٍٛ ٔع هٕو ان خزب ٛت
.ف خزَٔ ٛ سب َٔ ٕر ي ُ ٛز ب ٛزيبح ب سبر٘
ع هٗ ان مبئ ًت ان م صب صبث سجم ح ع هى ٔ سبئ ط ح طٕٚ ز ح صً ٛى :إن ٗ ان ذرا ست ْذِ ح ٓذف
.City Belopa Tadette 21 SDN ان زاب ع ان صف ٔٔظبئ ف ان ُ ببث أجزاء يبدة ع هٗ ان س ٛبق
ع هٗ ان س ٛبق ع هٗ ان مبئ ًت ان م صب صبث سجم ح ع هى ٔ سبئ ط ح طٕٚ ز صحت َ خبئ ج يعزف ت
ٔ ؛ City Belopa Tadette 21 SDN ان زاب ع ان صف ي صبَ ع ٔٔظبئ ف ان ًبدٚ ت األج زاء
ع هٗ ان مبئ ًت ان م صب صبث سجم ح ع هى ٔ سبئ ط ن خطٕٚ ز ان عً ه ٛت ان ُ خبئ ج يعزف ت
Tadette 21 SDN ف ٙ ان زاب ع ان صف ي صبَ ع ٔٔظبئ ف ان ًبدٚ ت األج زاء ع هٗ ان س ٛبق
Belopa City.
يٍ ان خح مك ح ى ل صب صبث سجم ح ع هى ٔ سبئ ط ش كم ع هٗ ي ُ خجب ان بحث ْذا أَ خج
خ بزاء ْٔى ، ان خ بزاء صحت يٍ ان خح مك ن ُ خبئ ج ب بن ُ س بت أيب ، خ بزاء 3 ل بم يٍ صح خٓب
، (يجذٚ ت) ان ف ئت يٍ 83.33٪ ٔان هغٕٚ ٍٛ ، (جذا يجذٚ ت) ان ف ئت يٍ 96.15٪ ب ُ س بت ان ًٕاد
ان عً هٙ ان خط ب ٛك َ خبئ ج ع هٗ ان ح صٕل ح ى .(يً كٍ) ان ف ئت يٍ 86.53٪ اإلع الو ٔخ بزاء
ان ف ئت ا س خٕف ٗ ٔك الًْب ، 95,83٪ ب ُ س بت ٔان ًع هً ٍٛ 90,19٪ ب ُ س بت ان طالة يٍ
يٍ عبل ب ً س خٖٕ ٚ خً خع ح طٕٚ زِ ح ى ان ذ٘ ان ً ُ خج أٌ ع هٗ ٚ ذل ْذا .ن هغبٚ ت ان عً ه ٛت
.ان صالح ٛت
ال ق صا صات سجل ، ان خع هى ٔ سبئ ط ، ان س ٛبل ٛت :ان ً ف خبح ٛت ان ك هًبث

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 371.36 Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 20 Mar 2024 02:35
Last Modified: 20 Mar 2024 02:35
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8419

Actions (login required)

View Item View Item