ANALISIS STRATEGI PEMASARAN BAGI RITEL TRADISIONAL KECAMATAN BAEBUNTA KABUPATEN LUWU UTARA AGAR MAMPU BERTAHAN DARI RITEL MODERN

FITRIA, FITRIA (2023) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN BAGI RITEL TRADISIONAL KECAMATAN BAEBUNTA KABUPATEN LUWU UTARA AGAR MAMPU BERTAHAN DARI RITEL MODERN. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ABSTRACT.pdf] Text
ABSTRACT.pdf

Download (271kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (338kB)
[thumbnail of FITRIA (1704010155) (REPOSITORY).pdf] Text
FITRIA (1704010155) (REPOSITORY).pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Fitria, 2023. “Analisis Strategi Pemasaran bagi Ritel Tradisional agar Mampu
Bertahan dari Ritel Modern (Studi Kasus Kec. Baebunta Kab. Luwu
Utara)”. Skripsi Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi
Dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing Oleh
Adzan Noor Bakri.
Skripsi ini membahas tentang Strategi Pemasaran bagi Ritel Tradisional
agar Mampu Bertahan dari Ritel Modern di Kecamatan Baebunta Kabupaten
Luwu Utara. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pendapatan para pelaku
Ritel Tradisional setelah adanya Ritel Modern dan untuk menganalisis strategi
pemasaran bagi Ritel Tradisional agar mampu bertahan dari Ritel Modern.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian
gabungan atau mixed methods. Kemudian Penelitian ini dilakukan di dua Desa di
Kecamatan Baebunta Kabupaten Luwu Utara yaitu Desa Baebunta dan Salassa.
Untuk mendapatkan data dalam penelitian ini, penulis menggunakan teknik antara
lain observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Informan dalam penelitian
ini adalah para pelaku Ritel Tradisional dan Masyarakat yang tinggal di sekitar
Ritel Tradisional maupun Modern. Selanjutnya penelitian ini di analisis
menggunakan reduksi data, penyajian data serta analisis SWOT.
Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa pendapatan para
pelaku Ritel Tradisional mengalami penurunan semenjak hadirnya Ritel Modern
sehingga strategi pemasaran bagi Ritel Tradisional agar mampu bertahan dari
Ritel Modern yaitu 1) Membangun interaksi yang baik kepada pelanggan terlebih
warga sekitar yang merupakan pembeli utama, 2) Menggunakan strategi
beroperasi 24 jam, 3) Menyediakan produk sembako yang telah dikemas ulang
sehingga harga relatif lebih murah, 4) Memanfaatkan koperasi dan pinjaman dana
di daerah untuk melengkapi produk, 5) Memanfaatkan kemajuan teknologi dan
internet dalam kegiatan jual beli agar lebih update terhadap produk yang sedang
trend, 6) Meningkatkan strategi promosi dengan memanfaatkan kemajuan
teknologi yang ada.
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Ritel Tradisional dan Modern, Analisis
SWOT

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 658.83 Riset Penelitian Pemasaran, Analisis Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Ekonomi Syariah
Depositing User: S.Ag Ilda Azizah
Date Deposited: 20 Mar 2024 06:25
Last Modified: 20 Mar 2024 06:25
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8437

Actions (login required)

View Item View Item