SINTIA, SINTIA (2024) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN COLLABORATIVE PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS VII SMP NEGERI 8 PALOPO. Other thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PALOPO.
Text
ABSTRAK.pdf Download (317kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (449kB) |
|
Text
SINTIA.pdf Download (17MB) |
Abstract
ABSTRAK
Sintia, 2024, “Efektivitas Model Pembelajaran Collaborative Problem Solving
Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VII SMP
Negeri 8 Palopo". Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Dibimbing oleh Muhammad Ihsan dan Lisa Aditya Dwiwansyah Musa.
Skripsi ini membahas efektivitas model pembelajaran Collaborative
Problem Solving dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VII
SMP Negeri 8 Palopo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru dan
aktivitas siswa selama proses pembelajaran menggunakan model Collaborative
Problem Solving di kelas VII SMP Negeri 8 palopo; untuk mengetahui kemampuan
berpikir kreatif siswa kelas VII SMP Negeri 8 Palopo yang tidak menggunakan
model pembelajaran Collaborative Problem Solving setelah pre-test dan post-test
dilakukan; untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VII SMP
Negeri 8 Palopo yang menggunakan model pembelajaran Collaborative Problem
Solving setelah pre-test dan post-test; dan untuk mengetahui efektivitas model
pembelajaran Collaborative Problem Solving terhadap peningkatan kemampuan
berpikir kreatif siswa kelas VII SMP 8 Palopo.
Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi eksperimental
dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Teknik pengambilan
sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling, dengan
jumlah sampel sebanyak 27 orang siswa di kelas eksperimen dan 28 orang siswa di
kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan
observasi, sedangkan teknik analisis statistik yang digunakan untuk mengolah data
hasil yaitu analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial.
Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa aktivitas guru dan
aktivitas siswa selama proses pembelajaran menggunakan model Collaborative
Problem Solving di kelas VII SMP Negeri 8 palopo terlaksana dengan sangat baik.
Adapun kemampuan berpikir kreatif siswa yang tidak menggunakan model
pembelajaran Collaborative Problem Solving menunjukkan hasil rata-rata yang
tergolong dalam kategori cukup kreatif dan kemampuan berpikir kreatif siswa yang
menggunakan model pembelajaran Collaborative Problem Solving menunjukkan
hasil rata-rata yang tergolong dalam kategori kreatif. Nilai rata-rata yang diperoleh
kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol, sehingga model pembelajaran
Collaborative Problem Solving terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan
berpikir kreatif siswa kelas VII SMP Negeri 8 Palopo.
Kata Kunci: Model Collaborative Problem Solving, Kemampuan Berpikir Kreatif
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu sosial > 371.36 Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | S.I.P. Harmayani haeruddin |
Date Deposited: | 21 Mar 2024 00:20 |
Last Modified: | 21 Mar 2024 00:20 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8444 |
Actions (login required)
View Item |