PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TIPE TEAM ACCELERATED INSTRUCTION (TAI) SISWA KELAS VII B MTs NEGERI WAJO

FAUZAN, ACHMAD (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TIPE TEAM ACCELERATED INSTRUCTION (TAI) SISWA KELAS VII B MTs NEGERI WAJO. Other thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PALOPO.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (567kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (490kB)
[thumbnail of Skripsi OCAN.pdf] Text
Skripsi OCAN.pdf

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK
Achmad Fauzan, 2023. “Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model
Pembelajaran Tipe Team Accelerated Instruction (TAI) Siswa
Kelas VII b MTs Negeri Wajo”. Skripsi Program Studi
Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo. Dibimbing oleh
Nilam Permatasari Munir dan Sumardin Raupu.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode pembelajaran
dengan penerapan metode Team Accelerated Instruction dapat meningkatkan
keaktifan dan hasil belajar matematika siswa VII b Madrasah Tsanawiyah Negeri
Wajo dalam kegiatan pembelajaran.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), yang
dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan
pelaksanaan tindakan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII b
Madrasah Tsanawiyah Negeri Wajo pada semester genap pada tahun ajaran 2023
yang berjumlah 19 orang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini
menggunakan lembar observasi keaktifan siswa dan guru, tes, dan dokumentasi.
Data yang terkumpul kemudian dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan penerapan
metode Team Accelerated Instruction dapat meningkatkan keaktifan dan hasil
belajar matematika siswa. Aktifitas siswa secara klasikal pada siklus I diperoleh
rata-rata sebesar 51,85% dengan kategori “Cukup” dan pada siklus II mengalami
peningkatan mencapai 65% dengan kategori “Baik”. Hasil aktifitas guru pada
siklus I diperoleh 68,44% dengan kategori “Baik” dan pada siklus II mencapai
78,12% dengan kategori “Baik”. Hasil belajar matematika siswa mengalami
peningkatan yakni 42%, hal ini dibuktikan dengan rata-rata persentase hasil
belajar siswa pada pra siklus sebesar 39,5 meningkat pada siklus I dengan
diperoleh rata-rata sebesar 59,5 termasuk kategori “Sangat Rendah”. Jumlah siswa
yang tuntas belajar adalah 8 orang siswa dengan persentase sekitar 42,11% dan
pada siklus II diperoleh rata-rata sebesar 79,5 dengan kategori “Cukup”. Jumlah
yang tuntas belajar adalah 16 orang siswa dengan persentase sekitar 84,21%.
Dari hasil penelitian ini terlihat bahwa penerapan metode Team
Accelerated Instruction dapat menigkatkan hasil belajar matematika siswa kelas
VII b Madrasah Tsanawiyah Negeri Wajo. Dengan demikian, penerapan metode
Team Accelerated Instruction dapat direkomendasikan untuk digunakan dalam
proses belajar mengajar.
Kata Kunci: Metode Team Accelerated Instruction, Keaktifan, Hasil Belajar
Matematika.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 371.36 Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: S.I.P. Harmayani haeruddin
Date Deposited: 27 Mar 2024 01:24
Last Modified: 27 Mar 2024 01:24
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8569

Actions (login required)

View Item View Item