EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION BERBANTUAN LEMBAR KERJA SISWA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VIII MTs TUMBUBARA KECAMATAN BAJO BARAT

AQIDAH, RENA (2023) EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION BERBANTUAN LEMBAR KERJA SISWA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VIII MTs TUMBUBARA KECAMATAN BAJO BARAT. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (88kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (145kB)
[thumbnail of Skripsi Rena Aqidah.pdf] Text
Skripsi Rena Aqidah.pdf

Download (7MB)

Abstract

xxii
ABSTRAK
Rena Aqidah, 2023. “Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Team Assisted
Individualization Berbantuan Lembar Kerja Siswa dalam meningkatkan
Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII MTs
Tumbubara Kecamatan Bajo Barat”. Skripsi Program Studi Pendidikan
Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam
Negeri Palopo. Dibimbing oleh Nur Rahmah dan Dwi Risky Arifanti
Skripsi ini membahas tentang efektivitas penerapan model Team Assissted
Individualization (TAI) berbantuan lembar kerja siswa terhadap Kemampuan
Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui,
keterlaksanaan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) berbantuan
lembar kerja siswa, untuk mengetahui tingkat kemampuan pemahaman konsep
matematika sebelum dan setelah menggunakan model pembelajaran Team Assissted
Individualization (TAI) berbantuan Lembar Kerja Siswa (LKS). penelitian ini juga
bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Team Assisted
Individualization (TAI) berbantuan Lembar Kerja Siswa (LKS) terhadap peningkatan
kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII MTs Tumbubara.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian pre-eksperiment one grup pre-
test posttest design. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah sampel
jenuh dengan jumlah sampel yaitu 16 orang siswa. Data diperoleh melalui lembar tes,
lembar oservasi dan dokumentasi.
Hasil observasi aktivitas siswa dan aktivitas guru menunjukkan bahwa model
pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) berbantuan lembar kerja siswa
terlaksana dengan sangat baik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat
kemampuan pemahaman konsep matematika sebelum menggunakan model
pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) berbantuan Lembar Kerja Siswa
memperlihatkan bahwa nilai kemampuan pemahaman konsep matematis siswa
diperoleh nilai rata-rata yang dikelompokkan dalam kategori sangat rendah,
sedangkan setelah menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualization
(TAI) berbantuan Lembar kerja Siswa memperlihatkan bahwa kemampuan pemahaman
konsep matematis siswa diperoleh nilai rata-rata yang dikelompokkan dalam kategori
tinggi. Dengan hasil tersebut, maka penerapan model pembelajaran Team Assisted
Individualization (TAI) berbantuan Lembar Kerja Siswa efektif dalam meningkatkan
kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII di MTs Tumbubara
Kecamatan Bajo Barat.
Kata kunci : Model Pembelajaran Team Assissted Individualizaton (TAI), Lembar
Kerja Siswa, kemampuan Pemahaman konsep matematika

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 371.36 Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: S.I.P. Harmayani haeruddin
Date Deposited: 01 Apr 2024 02:37
Last Modified: 01 Apr 2024 02:37
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8638

Actions (login required)

View Item View Item