PENGARUH BLENDED LEARNING TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA IAIN PALOPO

SEFITRI, ANDI NUR (2024) PENGARUH BLENDED LEARNING TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA IAIN PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (885kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (878kB)
[thumbnail of REPOSITORY.pdf] Text
REPOSITORY.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Andi Nur Sefitri, 2024. ”Pengaruh Blended Learning Terhadap Kemandirian
Belajar Mahasiswa Pada Program Studi Pendidikan Matematika IAIN
Palopo”. Skripsi Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah
dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing
oleh Muhammad hajarul aswad dan Ahmad munawir.
Skripsi ini membahas tentang pengaruh blended learning terhadap
kemandirian belajar mahasiswa pada program studi pendidikan matematika IAIN
Palopo Penelitian ini bertujuan: untuk mengetahui pelaksanaan blended learning
pada program studi pendidikan matematika IAIN Palopo; kemandirian belajar
mahasiswa pada program studi pendidikan matematika IAIN Palopo; dan
pengaruh positif dan signifikan antara blended leraning terhadap kemandirian
belajar mahasiswa pada program studi pendidikan matematika IAIN Palopo.
Jenis penelitian ini adalah kausal komparatif atau biasa disebut ex-post
facto. Populasinya adalah mahasiswa matematika kelas A dan B IAIN Palopo
semester VI (enam) dengan menggunakan teknik purposive random sampling.
Sampel yang digunakan, sebanyak 29 mahasiswa. Data diperoleh melalui
kuesioner (angket) dan dokumentasi. Selanjutnya, data penelitian ini dianalisis
dengan menggunakan regresi linier sederhana.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa gambaran Blended
Learning pada pembelajaran online dilakukan melalui google meet, aplikasi
WhatsApp dan classroom, untuk luring dilakukan dikelas dengan tetap mengikuti
protokol kesehatan. Berdasarkan hasil penelitian blended learning berada pada
kategori cukup baik dengan nilai rata-rata 2,692. Hasil tersebut didukung dari
hasil skor rata-rata jawaban responden terhadap setiap pernyataan variabel
blended learning, yang seluruh skor rata-ratanya masuk kedalam kategori cukup
baik.; Berdasarkan hasil penilitian kemandirian belajar matematika mahasiswa
berada pada kategori cukup baik dengan nilai rata-rata 2,576; dari hasil penelitian
menunjukkan bahwa blended learning memiliki pengaruh terhadap kemandirian
belajar yaitu diperoleh nilai t-hitung sebesar 4,283 dan t-tabel sebesar 2,052 atau
4,283>2,052 dan nilai siknifikan sebesar 0,000 dimana hasil tersebut lebih kecil
dari taraf signifikansi 0,05 atau 0,000 < 0,05 jadi dapat disimpulkan bahwa (
ditolak dan diterima) sehingga dapat diartikan bahwa Blended Learning
berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemandirian belajar.
Kata kunci: Blended Learning, Kemandirian Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: S.E Irwansyah Muchtar
Date Deposited: 16 May 2024 02:27
Last Modified: 16 May 2024 02:27
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8774

Actions (login required)

View Item View Item