PENGARUH PROMOSI TERHADAP MINAT MASYARAKAT DALAM MEMILIH BANK SYARIAH INDONESIA KCP PALOPO (Studi pada Masyarakat Kelurahan Buntu Datu)

SATRIANI, SATRIANI (2024) PENGARUH PROMOSI TERHADAP MINAT MASYARAKAT DALAM MEMILIH BANK SYARIAH INDONESIA KCP PALOPO (Studi pada Masyarakat Kelurahan Buntu Datu). Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (334kB)
[thumbnail of PUSTAKA.pdf] Text
PUSTAKA.pdf

Download (449kB)
[thumbnail of REPO.pdf] Text
REPO.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Satriani, 2024.”Pengaruh Promosi Terhadap Minat Masyarakat Dalam Memilih
Bank Syariah KCP Palopo”.Skripsi Program Studi Perbankan
Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam
Negeri Palopo. Dibimbing oleh Hendra.
Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Promosi Terhadap Minat
Masyarakat Dalam Memilih Bank Syariah KCP Palopo.Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui pengaruh promosi terhadap minat masyarakat dalam memilih
bank syariah KCP palopo. Skripsi ini dilatar belakangi dengan kurangnya
sosialisasi dan promosi membuat masyarakat memiliki keterbatasan pamahaman
mengenai kegiatan operasional bank syariah menjadi kendala dalam
pengembangan bank syariah. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya respon
masyarakat atau calon nasabah bank syariah di kelurahan buntu datu ini karena
tidak paham mengenai produk jasa yang ditawarkan. Pemahaman masyarakat
mengenai perbankan syariah khususnya masyarakat pedesaan yang sangat rendah
telah menggerakan hati penulis untuk mengadakan penelitian serta berusaha untuk
meningkatkan pemahaman masyarakat tentang perbankan syariah. sehingga
perbankan syariah bisa lebih memasyarakat khususnya masyarakat muslim. Oleh
karena itu, melalui penelitian ini peneliti mempunyai tujuan untuk untuk
mengetahui dan menganalisa promosi yang dilakukan oleh Bank Syariah dan
sejauh mana pengaruh promosi terhadap minat masyarakat untuk memilih Bank
Syariah, khususnya di daerah Kelurahan Buntu Datu Kecamatan Bara Kota
Palopo.
Jenis penelitian ini adalah menggunakan penelitian kuantitatif. Populasi
dalam penelitian ini adalah masyarakat di kelurahan buntu datu. Sedangkan teknik
pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah random sampling dengan
penentuan sampel sebanyak 100 nasabah. Teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini dilakukan dengan melalui pembagian angket/kuesioner kepada
responden untuk dijawabnya. Selanjutnya, teknik pengelolaan dan analisis data
yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan analisis data
kuantitatif dengan bantuan program SPSS 20.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai thitung sebesar 4,257 lebih
besar dari ttabel sebesar 1,984 atau 4, 257 > 1,984 maka terdapat pengaruh promosi
terhadap minat menabung di Bank Syariah KCP Palopo. Jadi dapat disimpulkan
bahwa H0 ditolak dan H1 diterima.
Kata Kunci: Minat Menabung, Promosi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X4.27 Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Perbankan Syariah
Depositing User: S.Ag Ilda Azizah
Date Deposited: 27 Jun 2024 00:32
Last Modified: 27 Jun 2024 00:32
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8913

Actions (login required)

View Item View Item