IMPLEMENTASI TERAPI OKUPASI DALAM PEMBELAJARAN ANAK PENYANDANG TUNAGRAHITADI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI 1 KOTA PALOPO

YUSRA, YUSRA (2024) IMPLEMENTASI TERAPI OKUPASI DALAM PEMBELAJARAN ANAK PENYANDANG TUNAGRAHITADI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI 1 KOTA PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of REPO.pdf] Text
REPO.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of PUSTAKA.pdf] Text
PUSTAKA.pdf

Download (430kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (219kB)

Abstract

ABSTRAK
Yusra, 2024. Implementasi Terapi Okupasi Dalam Pembelajaran Anak
Penyandang Tunagrahita Di Sekolah Luar Biasa Negeri 1 Kota Palopo.
Skripsi Bimbingan Konseling Islam Fakultas Ushualuddin Adab dan
Dakwah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo. Pembimbing (1) Dr.
Subekti Masri, M.Sos .I. dan Pembimbing (II)Hamdani Thaha,S.Ag
M.Pd.I.
Penelitian ini membahas tentang implementasi terapi okupasi dalam
pembelajaran anak penyandang tunagrahita di SLB Negeri 1 Kota Palopo, skripsi
ini memiliki beberapa tujuan yaitu mengetahui pembelajaran terapi okupasi
terhadap anak tunagrahita, mengetahui proses terapi okupasi terhadap anak
penyandang tunagrahita dan mengetahui hambatan yang dialami oleh guru dalam
pembelajaran anak tunagrahita. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik
pengumpulan data pada penelitian ini yaitu (1) Wawancara, (2) Observasi, dan (3)
Dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) pengimplementasian
terapi okupasi dalam pembelajaran yang dilakukan di SLB Negeri 1 Kota Palopo
sangat membantu dalam proses pembelajaran anak tunagrahita. (2) beberapa
strategi dalam pembelajaran anak tunagrahita yaitu dengan menggunakan metode
ceramah, tanya jawab, pemberian tugas, pengulangan dan pendekatan individual.
(3) langkah-langkah terapi okupasi yang dilakukan di SLB Negeri 1 Kota Palopo
yaitu dengan terlebih dahulu melakukan assessment, perencanaan, pelaksanaan
dan evaluasi. Beberapa hambatan yang dialami oleh guru dalam pembelajaran
anak penyandang tunagrahita diantaranya adanya kejenuhan siswa, kecemburuan
siswa, adanya kesulitan siswa dalam memahami pembelajaran dan adanya
kesibukan oang tua.
Kata kunci : Terapi Okupasi, Pembelajaran, Anak Penyandang Tunagrahita,
Sekolah Luar Biasa Negeri 1 Kota Palopo.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 371.4 Bimbingan Siswa dan Penyuluhan, Konseling Sekolah
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi S-1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: S.Ag Ilda Azizah
Date Deposited: 08 Jul 2024 02:44
Last Modified: 08 Jul 2024 02:44
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8978

Actions (login required)

View Item View Item