PENINGKATAN HASIL BELAJAR FIKIH MATERI SALAT JAMA’ DAN QASAR DENGAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING LEARNING PADA PESERTA DIDIK KELAS VII A MTsN PALOPO

SUDIRMAN, WAHSYAM (2024) PENINGKATAN HASIL BELAJAR FIKIH MATERI SALAT JAMA’ DAN QASAR DENGAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING LEARNING PADA PESERTA DIDIK KELAS VII A MTsN PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri palopo.

[thumbnail of ABSTRACT.pdf] Text
ABSTRACT.pdf

Download (162kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (140kB)
[thumbnail of REPOSITORY.pdf] Text
REPOSITORY.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK
Wahsyam Sudirman, 2023. “Peningkatan Hasil Belajar Fikih Materi Salat
Jama’ dan Qasar dengan Model Contextual Teaching Learning
pada Peserta Didik Kelas VII A MTsN Palopo”. Skripsi Program
Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh
Abdul Pirol dan M. Arief R.
Skripsi ini membahas peningkatan hasil belajar fikih materi salat jama‟
dan qasar dengan model contextual teaching learning pada peserta didik kelas VII
A MTsN Palopo. Penelitian bertujuan untuk: mengetahui keterlaksanaan
pembelajaran model CTL yang meliputi aktivitas guru dan peserta didik;
mengetahui hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran
CTL; dan mengetahui paningkatan hasil belajar peserta didik dengan
menggunakan model pembelajaran CTL pada mata pelajaran fikih materi salat
jama’ dan qasar di kelas VII A MTsN Palopo. Jenis penelitian ini adalah
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri
dari empat tahap pada tiap siklus, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan,
dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik VII A MTsN Palopo yang
berjumlah 20 orang terdiri dari 8 laki-laki dan 12 perempuan. Teknik
pengumpulan data yang digunakan: observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil
penelitian menunjukkan: keterlaksanaan aktivitas guru melalui model contextual
teaching learning pada siklus I mendapatkan persentase 72,8% dengan kategori
baik; siklus II meningkat menjadi 91,9% dengan kategori saagat baik; dan
aktivitas peserta didik pada siklus I mendapatkan persentase 72,7% dengan
kategori aktif; siklus II meningkat menjadi 92,4% dengan kategori sangat aktif.
Adapun ketuntasan klasikal hasil belajar peserta didik pada siklus I sebesar 50%
sedangkan pada siklus II menjadi 90%. Terjadi peningkatan hasil belajar peserta
didik. Hal ini dapat dilihat dari ketuntasan klasikal di atas 75%, keterlaksanaan
aktivitas guru berada pada kategori sangat baik; dan aktivitas peserta didik berada
pada kategori sangat aktif.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Fikih, Jama‟ dan Qasar, Contextual Teaching
Learning.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 297.14 Ilmu Fiqh, Fiqih, Fikih
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email hajrahikhlas@gmail.com
Date Deposited: 23 Jul 2024 02:39
Last Modified: 23 Jul 2024 02:39
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9146

Actions (login required)

View Item View Item