PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) PRAKTIKUM IPA BERBASIS BRING YOUR OWN DEVICE (BYOD) KELAS V SDN 34 BARA KOTA PALOPO

ALMAHDALI, SARAH DIVA UMAR (2024) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) PRAKTIKUM IPA BERBASIS BRING YOUR OWN DEVICE (BYOD) KELAS V SDN 34 BARA KOTA PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (148kB)
[thumbnail of PUSTAKA.pdf] Text
PUSTAKA.pdf

Download (203kB)
[thumbnail of REPO.PDF] Text
REPO.PDF

Download (11MB)

Abstract

ABSTRAK
Sarah Diva Umar Almahdali, 2024. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik
(LKPD) Praktikum IPA Berbasis Bring Your Own Device (BYOD) Kelas
V SDN 34 Bara Kota Palopo. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru
Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama
Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Hj. Andi Riawarda dan Mirnawati.
Penelitian ini Bertujuan: (1) Untuk mengetahui analisis kebutuhan peserta
didik terhadap pengembangan LKPD praktikum IPA berbasis BYOD kelas V SDN
34 Bara Kota Palopo (2) untuk mengetahui desain LKPD praktikum IPA berbasis
BYOD kelas V SDN 34 Bara Kota Palopo (3) untuk mengetahui validitas dan
praktikalitas LKPD praktikum IPA berbasis BYOD kelas V SDN 34 Bara Kota
Palopo.
Penelitian yang dilakukan menggunakan jenis penelitian pengembangan
atau Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE
(Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini
dilakukan di SDN 34 Bara Kota Palopo. Subjek dalam penelitian ini yaitu pendidik
dan peserta didik kelas V yang berjumlah 20 orang, dan objek penelitian ini yaitu
LKPD praktikum IPA berbasisis BYOD. Teknik pengumpulan data yang
digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan pemberian angket kepada
pendidik dan peserta didik. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara
kualitatif dan kuantitatif.
Penelitian ini menghasilkan bahan ajar LKPD praktikum IPA materi zat
tunggal dan campuran berbasis bring your own device (BYOD) yang divalidasi oleh
3 orang ahli, yaitu ahli materi dengan nilai 93,75% (kategori sangat valid), ahli
bahasa dengan nilai 91,66% (kategori sangat valid), dan ahli desain dengan nilai
96,87% (kategori sangat valid). Untuk uji praktikalitas diperoleh hasil dari peserta
didik dengan nilai 91,79% (kategori sangat praktis) dan pendidik dengan nilai 94%
(kategori sangat praktis). Hal ini menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan
memiliki tingkat kevalidan yang tinggi, maka produk yang dikembangkan oleh
peneliti layak digunakan untuk kegiatan pembelajaran di sekolah.
Kata kunci: LKPD, Praktikum IPA, BYOD.
xxii
ABSTRACT
Sarah Diva Umar Almahdali, 2024. Development of Student Worksheets (LKPD)
for Science Practicum Based on Bring Your Own Device (BYOD) for
Class V SDN 34 Bara, Palopo City. Thesis for Madrasah Ibtidaiyah
Teacher Education Study Program, Faculty of Tarbiyah and Teacher
Training, Palopo State Islamic Institute. Supervised by Hj. Andi Riawarda
and Mirnawati.
This research aims: (1) To determine the analysis of students' needs for
the development of BYOD-based science practicum LKPD for class V at SDN 34
Bara, Palopo City (2) to find out the design of BYOD-based science practicum
LKPD for class V at SDN 34 Bara, Palopo City (3) to find out validity and
practicality of BYOD-based science practicum LKPD for class V SDN 34 Bara,
Palopo City.
The research was carried out using the type of development research or
Research and Development (R&D) with the ADDIE (Analysis, Design,
Development, Implementation, Evaluation) development model. This research was
conducted at SDN 34 Bara, Palopo City. The subjects in this research were 20 class
V educators and students, and the object of this research was LKPD BYOD-based
science practicum. The data collection techniques used were observation,
interviews, documentation, and giving questionnaires to educators and students.
The data obtained was then analyzed qualitatively and quantitatively.
This research produced teaching materials for science practicum LKPD
with single and mixed substance materials based on bring your own device (BYOD)
which were validated by 3 experts, namely material experts with a score of 93.75%
(very valid category), language experts with a score of 91.66 % (very valid
category), and design expert with a score of 96.87% (very valid category). For the
practicality test, results were obtained from students with a score of 91.79% (very
practical category) and educators with a score of 94% (very practical category).
This shows that the product developed has a high level of validity, so the product
developed by researchers is suitable for use for learning activities in schools.
Keywords: LKPD, Science Practicum, BYOD.
xxiii


xxiv

يديرتج
، ليادهلما رمع افيد ةراس 2024 . ( بلاطلا لمع قاروأ ريوطت LKPD ) ءانب مولعلا ىلع يلمعلا بيردتلل
( صالخا كزاهج راضحإ ىلع BYOD ) ةسمالخا ةئفلل SDN 34 Bara ، ةحورطأ .وبولبِ ةنيدم
يملاسلإا وبولبِ دهعم ،ينملعلما بيردتو ةيبترلا ةيلك ،ةيعادبلإا ةسردلما يملعم ةسارد جمنابرل
أ جالْا فارشإ تتح .يموكلْا .تياونايرمو ادراويار يدن
( :ثحبلا اذه فدهي 1 ىلع مئاقلا يلمعلا بيردتلا ريوطتل بلاطلا تاجايتحا ليلتح ديدتح )
BYOD LKPD في ةسمالخا ةئفلل SDN 34 Bara ، ( وبولبِ ةنيدم 2 يلمعلا بيردتلا ميمصت ةفرعلم )
ىلع مئاقلا BYOD LKPD في ةسمالخا ةئفلل SDN 34 Bara ، ةنيدم Palopo )3( ةيحلاصلا ةفرعلم
تلاو ىلع مئاقلا مولعلل يلمعلا بيردتلل يلمعلا قيبط BYOD LKPD ةئفلل V SDN 34 Bara ، ةنيدم
.وبولبِ
( ريوطتلاو ثحبلا وأ يومنتلا ثحبلا عون مادختسبِ ثحبلا ءارجإ تم R&D ) ريوطت جذونم عم
ADDIE ( في ثحبلا اذه ءارجإ تم .)مييقتلاو ذيفنتلاو ريوطتلاو ميمصتلاو ليلحتلا SDN 34 Bara ، ةنيدم
مه ثحبلا اذه في صاخشلأا ناك .وبولبِ 20 لها ناكو ، ةسمالخا ةجردلا نم ابلاطو املعم ثحبلا اذه نم فد
مولعلا ىلع مئاقلا يلمعلا بيردتلا وه LKPD BYOD . يه ةمدختسلما تناايبلا عجم تاينقت تناك
اهيلع لوصلْا تم تيلا تناايبلا ليلتح تم ثم .بلاطلاو ينملعملل تناايبتسلاا ءاطعإو قيثوتلاو تلاباقلماو ةظحلالما
.ايمكو ايعون
مولعلا ىلع يلمعلا بيردتلل ةيميلعت داوم ثحبلا اذه جتنأ LKPD ءانب داولما ةطلتمخو ةيداحأ داوبم
( صالخا كزاهج راضحإ ىلع BYOD ) لبق نم اهتحص نم ققحتلا تم تيلاو 3 ةجردب داولما ءابرخ مهو ، ءابرخ
93.75 ةجردب ةغللا ءابرخو ، )ادج ةلْاص ةئف( ٪ 91.66 و ، )ادج ةلْاص ةئف( ٪ ةجردب ميمصت يربخ 96.87 ٪
ةجرد ىلع ينلصالْا بلاطلا نم جئاتنلا ىلع لوصلْا تم ، يقيبطتلا رابتخلال ةبسنلبِ .)ادج ةلْاص ةئف( 91.79 ٪
ةجردب ينملعلماو )ادج ةيلمع ةئف( 94 ىوتسبم عتمتي هريوطت تم يذلا جتنلما نأ ىلع لدي اذه .)ادج ةيلمع ةئف( ٪
لياتلبِو ، ةيحلاصلا نم لاع .سرادلما في ملعتلا ةطشنأ في مادختسلال بسانم نوثحابلا هروط يذلا جتنلما نإف
:ةيحاتفلما تاملكلا LKPD ، ، مولعلا ىلع يلمعلا بيردتلا BYOD

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 658.57 Manajemen Riset dan Pengembangan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: S.Ag Ilda Azizah
Date Deposited: 05 Aug 2024 01:19
Last Modified: 05 Aug 2024 01:19
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9252

Actions (login required)

View Item View Item