PENGARUH STRATEGI DIRECTED READING THINKING ACTIVITY (DRTA) TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD NEGERI 4 LASUSUA

DARVIA, IIS (2024) PENGARUH STRATEGI DIRECTED READING THINKING ACTIVITY (DRTA) TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD NEGERI 4 LASUSUA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of REPO.PDF] Text
REPO.PDF

Download (4MB)
[thumbnail of PUSTAKA.pdf] Text
PUSTAKA.pdf

Download (439kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (439kB)

Abstract

ABSTRAK
Iis Darvia, 2024. “Pengaruh Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA)
terhadap Keterampilan Membaca pada Mata Pelajaran Bahasa
Indonesia Kelas V SD Negeri 4 Lasusua”. Skripsi Program Studi
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh
Baderiah dan Sukmawaty.
Penelitian ini dimotivasi oleh kurangnya ketertarikan membaca di kalangan siswa,
khususnya dalam pelajaran Bahasa Indonesia. Selain itu, cara pembelajaran yang
ada cenderung monoton, menyebabkan siswa kurang antusias dan kesulitan
memahami isi bacaan. Hal ini berdampak pada rendahnya pencapaian belajar
siswa dalam hal keterampilan membaca. Oleh karena itu, diperlukan strategi
pembelajaran yang efektif, salah satunya melalui strategi Directed Reading
Thinking Activity (DRTA). Penelitian ini bertujuan mengetahui apakah penerapan
strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) berpengaruh secara
signifikan terhadap keterampilan membaca pada mata pelajaran Bahasa Indonesia
kelas V SD Negeri 4 Lasusua.
Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah kuantitatif dengan jenis quasi
experiment dan desain Non-Equivalent Control Group Design. Penelitian
dilaksanakan di SD Negeri 4 Lasusua, Kabupaten Kolaka Utara. Populasi yang
diambil adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 4 Lasusua yang berjumlah 50
siswa. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan metode sampling jenuh,
dengan melibatkan seluruh siswa dari kelas V.A dan V.B. Teknik pengumpulan
data dilakukan melalui tes (pre-test dan post-test) serta pengumpulan
dokumentasi. Analisis data penelitian akan melibatkan (1) uji prasyarat seperti uji
normalitas dan uji homogenitas, (2) uji hipotesis menggunakan t-test, dan (3) uji
Effect Size menggunakan Rumus d Cohen's.
Hasil analisis data menunjukkan uji t-test (paired samples t-test) pada kelas
eksperimen (pre-test dan post-test), diperoleh nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05,
dengan nilai mean pre-test sebesar 67,36 dan mean post-test sebesar 81,32.
Melalui uji t-test (independent samples t-test) post-test kelas eksperimen dan kelas
kontrol, didapatkan nilai Sig. (2-tailed) 0,007 < 0,05 , nilai thitung 2.803 ≥ ttabel
1,677, dengan nilai mean kelas eksperimen 81,32 sedangkan untuk kelas kontrol
72,12. Maka, H0 ditolak dan Ha diterima. Dari uji effect size Cohen’s , diperoleh
nilai d 0,8 dengan persentase sebesar 79% (kategori large). Dengan demikian,
strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) memiliki pengaruh
signifikan terhadap keterampilan membaca mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas
V SD Negeri 4 Lasusua.
Kata kunci: Strategi Reading Thinking Activity (DRTA), Keterampilan
Membaca, Bahasa Indonesia

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email musdalipa834@gmail.com
Date Deposited: 05 Aug 2024 03:33
Last Modified: 05 Aug 2024 03:33
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9261

Actions (login required)

View Item View Item