STRATEGI PENGEMBANGAN WISATA PERMANDIAN ALAM TOMPOTIKKA SALO MANGORRO DI DESA USSU KECAMATAN MALILI KABUPATEN LUWU TIMUR

HIKMAH, NURUL HIDAYATUL (2024) STRATEGI PENGEMBANGAN WISATA PERMANDIAN ALAM TOMPOTIKKA SALO MANGORRO DI DESA USSU KECAMATAN MALILI KABUPATEN LUWU TIMUR. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of REPO.pdf] Text
REPO.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of PUSTAKA.pdf] Text
PUSTAKA.pdf

Download (362kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (348kB)

Abstract

ABSTRAK
Nurul hidayatul hikmah, 2024. “Strategi Pengembangan Wisata Permandian
Alam Tompotikka Salo Mangorro di Desa Ussu Kecamatan Malili
Kabupaten Luwu Timur. Skripsi Program Studi Ekonomi Syariah
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh
Nur Ariani Aqidah, S.E., M.Sc.
Skripsi ini membahas tentang strategi pengembangan Wisata Permandian Alam
Tompotikka Salo Mangorro dalam mendukung pendapatan Desa Ussu Kecamatan
Malili Kabupaten Luwu Timur. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mendeskripsikan strategi pengembangan Wisata Permandian Alam Tompotikka
Salo Mangorro dalam mendukung pendapatan desa. Metode penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan
pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilakukan di Desa Ussu Kecamatan Malili
Kabupaten Luwu Timur. Untuk mendapatkan data dalam penelitian ini, penulis
menggunakan teknik antara lain observasi, wawancara, kuesioner. Informan
dalam penelitian ini adalah kepala desa, pihak pengelola wisata dan
pengunjung/wisatawan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini
menggunakan analisis SWOT dengan metode matriks IFAS dan EFAS, diagram
SWOT, serta matriks SWOT. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan
bahwa strategi pengembangan Wisata Permandian Alam Tompotikka Salo
Mangorro dalam mendukung pendapatan desa berada pada kuadran 1 yang berarti
strategi tersebut mendukung strategi agresif atau strategi yang memanfaatkan
kekuatan untuk mencapai peluang, strategi yang dapat diterapkan merupakan
strategi SO atau (Strengths-Opportunities), yaitu dengan cara diantaranya 1)
Memaksimalkan pengelolaan potensi wisata dengan menambah beberapa atraksi
wisata lainnya 2) Mengembangkan dan melestarikan objek dan daya tarik wisata
serta meningkatkan atraksi dengan memanfaatkan potensi-potensi yang ada 3)
Memanfaatkan sumber daya manusia dalam pengelolaan objek wisata 4) Fasilitas
sarana dan prasarana yang telah ada serta suasana objek wisata yang memberikan
kenyamanan apabila didukung dengan teknologi serta kerjasama dengan pihak
pihak pelaku pariwisata akan menambah kunjungan wisatawan karena apa yang
diinginkan wisatawan lengkap sesuai kebutuhan.
Kata kunci: Pariwisata, Pengembangan Pariwisata, Pendapatan Asli Desa
(PAD)

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 650 Bisnis
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: Unnamed user with email musdalipa834@gmail.com
Date Deposited: 19 Aug 2024 03:07
Last Modified: 19 Aug 2024 03:07
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9313

Actions (login required)

View Item View Item