PENGARUH MEDIA SOSIAL BERBASIS KONTEN PARIWISATA TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG WISATAWAN PADA ERA DIGITAL (Studi di Bukit Kajuangin Kota Palopo)

AULIANA, AULIANA (2024) PENGARUH MEDIA SOSIAL BERBASIS KONTEN PARIWISATA TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG WISATAWAN PADA ERA DIGITAL (Studi di Bukit Kajuangin Kota Palopo). Other thesis, Institut Agama Islam Negeri palopo.

[thumbnail of ABSTRACK.pdf] Text
ABSTRACK.pdf

Download (85kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (152kB)
[thumbnail of REPOSITORY.pdf] Text
REPOSITORY.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK
Auliana, 2024.“Pengaruh Media Sosial Berbasis Konten Pariwisata Terhadap
Keputusan Berkunjung Wisatawan Pada Era Digital (Studi Di Bukit
Kajuangin Kota Palopo)”. Skripsi Program Studi Ekonomi Syariah
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Dibimbing oleh Suci, S.E.,M.Ak.
Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Media Sosial Berbasis Konten Pariwisata
Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Pada Era Digital (Studi di Bukit
Kajuangin Kota Palopo). Penelitian ini bertujuan: Untuk mengetahui pengaruh
media sosial berbasis konten pariwisata terhadap keputusan berkunjung
wisatawan di Bukit Kajuangin Kota Palopo secara parsial. Jenis penelitian ini
adalah kuantitatif untuk mengkaji pengaruh media sosial terhadap keputusan
berkunjung wisatawan di Bukit Kajuangin Kota Palopo. Populasinya adalah
seluruh pengunjung Bukit Kajuangin. Pengambilan sampel dilakukan dengan
teknik Purposive Sampling dan penentuan jumlah sampel dengan rumus Chocran.
Berdasarkan rumus tersebut, jumlah sampel yang digunakan sebanyak 97
wisatawan. Data diperoleh melalui survey, kuesioner, dan dokumentasi.
Selanjutnya data penelitian diolah dengan analisis regresi linear sederhana, uji t,
dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel
media sosial berbasis konten pariwisata (X) berpengaruh positif dan signifikan
terhadap keputusan berkunjung (Y) wisatawan. Adapun kemampuan media sosial
berbasis konten pariwisata (X) dalam menjelaskan pengaruh pada keputusan
berkunjung (Y) wisatawan yaitu sebesar 32,1% dan 67,9% lainnya dijelaskan oleh
variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian.
Kata Kunci: Keputusan Berkunjung, Media Sosial, Pariwisata

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 330 Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Unnamed user with email hajrahikhlas@gmail.com
Date Deposited: 19 Aug 2024 07:57
Last Modified: 19 Aug 2024 07:57
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9325

Actions (login required)

View Item View Item