AGUS, MEISYAH (2024) PENGARUH DIGITAL MARKETING TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH DI KABUPATEN LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
REPO.PDF Download (3MB) |
|
Text
PUSTAKA.pdf Download (203kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (107kB) |
Abstract
ABSTRAK
Meisya Agus, 2024 “Pengaruh Digital Marketing Terhadap Kepuasan Pelanggan
Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah Di Kabupaten
Luwu” Skripsi Program Studi Manajemen Bisnis Syariah
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam
Negeri Palopo, dibimbing oleh Fasiha.
Digital marketing merupakan salah satu strategi pemasaran dengan
menggunakan internet dan teknologi informasi untuk memperluas fungsi hubungana
dengan pelanggan. Dalam pemasaran digital, pemasar menggunakan berbagai strategi
dan alat untuk memahami perilaku online konsumen, perkembangan dunia digital
yang berlangsung sangat cepat dan pesat di seluruh dunia menuntut aktivitas
periklanan yang terjadi tidak secara langsung, namun memiliki dampak yang besar
terhadap masyarakat, baik pemasaran maupun penjualan. Adapun tujuan pada
xxiii
penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh digital marketing terhadap kepuasan
pelanggan pada usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kabupaten Luwu.
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif yang dilakukan
pada tanggal 22 April hingga 22 Mei 2024 di Kecamatan Belopa. Populasi yang
digunakan adalah para pelanggan Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kabupaten
Luwu terkhusus yang berdomisili di Kecamatan Belopa dengan melakukan pembelian
lebih dari 3 kali. Adapun jumlah sampel yang digunakan sebanyak 100 sampel yang
di peroleh dengan menggunakan rumus simpel random sampling dan pengambilan
sampel dilakukan secara acak menggunakan metode probability sampling methods.
Teknik pengumpulan data yang di lakukan dengan menggunakan kuesioner yang
disebar / di bagikan secara online ke responden, dan analisis yang digunakan yaitu
analisis uji asumsi klasik, uji regresi linear sederhana, dan uji hipotesis.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Digital Marketing berpengaruh
positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan usaha mikro kecil dan menengah
di Kabupaten Luwu sebesar 71,4. Hal ini dibuktikan dengan diperolehnya hasil
perhitungan data menggunakan uji hipotesis yaitu uji t yang menunjukkan thitung
(5,763) > ttabel (1,660) dengan signifikan 0,000 < 0,05 yang berarti H0 ditolak dan Ha
diterima, serta uji determinasi (R2) diperoleh R Square sebesar 0,714 atau 71,4% yang
berarti Digital Marketing berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan usaha mikro
kecil dan menengah di Kabupaten Luwu sebesar 71,4%.
Kata Kunci : Digital Marketing, Kepuasan Pelanggan
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 650 Bisnis |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Manajemen Bisnis Syariah |
Depositing User: | Unnamed user with email musdalipa834@gmail.com |
Date Deposited: | 20 Aug 2024 05:56 |
Last Modified: | 20 Aug 2024 05:56 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9329 |
Actions (login required)
View Item |