PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KUALITAS AKHLAK SISWA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) KOTA PALOPO PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KUALITAS AKHLAK SISWA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) KOTA PALOPO

PATI, ASJUN JUFRI (2024) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KUALITAS AKHLAK SISWA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) KOTA PALOPO PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KUALITAS AKHLAK SISWA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) KOTA PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (211kB)
[thumbnail of ASJUN JUFRI PATI SKRIPSI.pdf] Text
ASJUN JUFRI PATI SKRIPSI.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of PUSTAKA.pdf] Text
PUSTAKA.pdf

Download (244kB)

Abstract

ABSTRAK
Asjun Jufri Pati, 2024. “Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk
Kualitas Akhlak Siswa di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kota Palopo”. Skripsi
Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Muhaemin dan Arifuddin.
Penelitian ini membahas tentang peran guru Pendidikan Agama Islam dalam
membentuk kualitas akhlak siswa di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kota Palopo.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendekatan yang digunakan oleh para
guru, peran yang mereka jalankan, serta tantangan yang mereka hadapi dalam usaha
mereka dalam membentuk kualitas akhlak di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kota
Palopo.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif kualitatif. Sumber
data penelitian diperoleh dari data primer dan sekunder dengan teknik pengumpulan
menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan
melalui tiga tahapan utama, yaitu reduksi data, display data, dan penarikan
kesimpulan serta verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Guru Pendidikan Agama Islam (PAI)
di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kota Palopo menggunakan pendekatan
kombinasi individu dan kelompok untuk mengajarkan nilai-nilai akhlak, membantu
siswa memahami dan menerapkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari
dengan lebih mendalam. 2) Peran guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di Madrasah
Aliyah Negeri (MAN) Kota Palopo tidak terbatas sebagai pengajar, tetapi juga
sebagai sumber belajar, fasilitator, pengelola, demonstrator, pembimbing,
motivator, dan evaluator, aktif mengajak siswa untuk menerapkan nilai-nilai agama
dalam kehidupan sehari-hari. 3) Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) juga
menghadapi tantangan besar dalam mengintegrasikan nilai-nilai agama dalam
kehidupan modern siswa yang sering kali dipengaruhi oleh budaya populer dan
teknologi yang bertentangan dengan ajaran agama serta adanya perbedaan latar
belakang dan pemahaman siswa terhadap agama.
.
Kata Kunci: Peran Guru, Pendidikan Agama Islam, Akhlak Siswa
ABSTRACT
Asjun Jufri Pati, 2024. "The Role of Islamic Education Teachers in Shaping
Students' Moral Quality at Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Palopo." Thesis,
Islamic Education Study Program, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, State
Islamic Institute of Palopo. Supervised by Muhaemin and Arifuddin.
This study explores the role of Islamic Education teachers in shaping the
moral quality of students at Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Palopo. The research
aims to understand the approaches used by teachers, the roles they assume, and the
challenges they face in their efforts to enhance moral quality at Madrasah Aliyah
Negeri (MAN) Palopo.
xix
The research employs a descriptive qualitative approach. Data sources are
derived from both primary and secondary data, collected through observation,
interviews, and documentation. Data analysis was conducted through three main
stages: data reduction, data display, and conclusion drawing and verification.
The research findings indicate that: 1) Islamic Education teachers at Madrasah
Aliyah Negeri (MAN) Palopo employ a combination of individual and group
approaches to teach moral values, helping students to understand and apply these
values more deeply in their daily lives. 2) The role of Islamic Education teachers at
Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Palopo extends beyond teaching; they also act as
learning resources, facilitators, managers, demonstrators, guides, motivators, and
evaluators, actively encouraging students to implement religious values in their
everyday lives. 3) Islamic Education teachers also face significant challenges in
integrating religious values into the modern lives of students, who are often
influenced by popular culture and technology that contradict religious teachings, as
well as differences in students' backgrounds and religious understanding.
Keywords: Teacher's Role, Islamic Education, Students' Morals

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 371.1 Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S.Ag Ilda Azizah
Date Deposited: 21 Aug 2024 00:43
Last Modified: 21 Aug 2024 00:43
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9330

Actions (login required)

View Item View Item