SARI, NUR WILDA WIDYA (2024) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN APTITUDE TREATMENT INTERACTION (ATI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII.1 SMP NEGERI 1BUA PONRANG. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri palopo.
Text
ABSTRACK.pdf Download (96kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (131kB) |
|
Text
REPOSITORY.PDF Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK
Nur Wilda Widya Sari, 2024. “Efektivitas Model Pembelajaran Aptitude
Treatment Interaction (ATI) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII.1
SMP Negeri 1 Bua Ponrang”. Skripsi Program Studi Pendidikan
Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama
Islam Negeri (IAIN) Palopo. Dibimbing Oleh Nur Rahmah dan Dwi
Risky Arifanti.
Skripsi ini membahas tentang Efektivitas model Pembelajaran Aptitude
Treatment Interaction (ATI) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII.1 SMP
Negeri 1 Bua Ponrang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar
matematika siswa sebelum menggunakan model pembelajaran Aptitude Treatment
Interaction (ATI), hasil belajar matematika siswa setelah menggunakan model
pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI), dan efektifitas pembelajaran
matematika dengan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI)
terhadap hasil belajar siswa.
Jenis Penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain
penelitian pre-experimental designs jenis one-group pretest posttest design.
Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VII keseluruhan sebanyak 192
siswa SMP Negeri 1 Bua Ponrang. sampel penelitian adalah siswa kelas VII.1
sebanyak 20 orang siswa. Tehnik pengumpulan data pada penelitian ini
menggunakan instrumen tes berupa pre-test dan post-test. Tehnik analisis data
yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa sebelum
(pre-test) pembelajaran dengan model Aptitude Treatment Interaction (ATI) =
45,25, dengan kategori sangat kurang sedangkan rata-rata hasil belajar siswa
setelah (post-test) pembelajaran dengan model Aptitude Treatment Interaction
(ATI) = 76,05, dengan kategori baik. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh thitung =
4,22 dan ttabel = 1,72913 atau thitung > ttabel artinya rata rata hasil belajar siswa
setelah menggunakan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI)
lebih baik daripada rata-rata hasil belajar siswa sebelum menggunakan model
pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI). Dengan demikian, dapat
dinyatakan bahwa pembelajaran model Aptitude Treatment Interaction (ATI)
efektif terhadap pembelajaran matematika kelas VII.1 SMP Negeri 1 Bua
Ponrang.
Kata Kunci: Efektivitas, Aptitude Treatment Interaction (ATI), Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Unnamed user with email hajrahikhlas@gmail.com |
Date Deposited: | 13 Sep 2024 07:48 |
Last Modified: | 13 Sep 2024 07:48 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9403 |
Actions (login required)
View Item |