PENINGKATAN HASIL BELAJAR BERBASIS HOTS MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI PADA SISWA KELAS IV SDN 099 MASAMBA

NADHIFA, FITRA (2024) PENINGKATAN HASIL BELAJAR BERBASIS HOTS MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI PADA SISWA KELAS IV SDN 099 MASAMBA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri palopo.

[thumbnail of ABSTRACK.pdf] Text
ABSTRACK.pdf

Download (83kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (123kB)
[thumbnail of REPOSITORY.PDF] Text
REPOSITORY.PDF

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK
Fitrah Nadhifah, 2024. “Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas
IV Melalui Media Pembelajaran Bebrasis Video Animasi di SDN 099
Masamba”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri
Palopo. Dibimbing oleh Hisbullah dan Nurul Khairani Abduh.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran
melalui penerapan media video animasi dalam proses pembelajaran dan
mengetahui apakah kemampuan berpikir kritis siswa meningkat setelah diterapkan
media video animasi dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri
dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV C SDN 099 Masamba berjumlah 27
orang. Hasil penelitian menunjukkan, pada siklus I aktivitas Guru mendapat nilai
rata-rata 35 (67%) kategori Kurang, pada siklus II meningkat dengan nilai rata-
rata 61,5 (90%) dan termasuk kategori amat baik. Aktivitas siswa melalui media
pembelajaran berbasis video animasi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada
siklus I mendapat nilai rata-rata 39 (75%) dan termasuk kategori baik, pada siklus
II meningkat dengan rata-rata 42 (88%) dan termasuk kategori amat baik.
Kemampuan berpikir siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui media
pembelajaran berbasis video animasi di SDN 099 Masamba pada siklus I
mendapat nilai rata-rata 71 dengan persentase ketuntasan 56%, dan pada siklus II
meningkat dengan nilai rata 81 dan persentase ketuntasan 93%. Maka dapat
disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa SDN
099 Masamba menggunakan media pembelajaran berbasis video animasi dalam
pembelajaran Bahasa Indonesia.
Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, Pembelajaran Bahasa Indonesia, Media
Video Animasi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email hajrahikhlas@gmail.com
Date Deposited: 17 Sep 2024 07:18
Last Modified: 17 Sep 2024 07:18
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9407

Actions (login required)

View Item View Item