ARIFA, NUR (2024) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK MATERI HORMAT DAN PATUH KEPADA ORANG TUA DAN GURU BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING DI SMP NEGERI 1 BAJO KABUPATEN LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri palopo.
Text
ABSTRAK.pdf Download (94kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (123kB) |
|
Text
REPOSITORY.PDF Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK
Nur Arifa, 2024. “ Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Materi Hormat
Dan Patuh Kepada Orang Tua Dan Guru berbasis Problem Based
Learning di SMP Negeri 1 Bajo Kabupaten Luwu”. Skripsi Program Studi
Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut
Agama Islam Negeri Palopo.” Dibimbing oleh: St. Marwiyah dan
Arifuddin.
Skripsi ini membahas pengembangan bahan ajar Lembar Kerja Peserta
Didik materi hormat dan patuh kepada orang tua dan guru berbasis Problem Based
Learning di SMP Negeri 1 Bajo. Penelitian ini bertujuan : 1)Untuk mengetahui hasil
analisis kebutuhan Lembar Kerja Peserta Didik materi hormat dan patuh kepada
orang tua dan guru berbasis problem based learning di SMP Negeri 1 Bajo. 2)Untuk
mengetahui desain Lembar Kerja Peserta Didik materi hormat dan patuh kepada
orang tua dan guru berbasis problem based learning di SMP Negeri 1 Bajo.3)Untuk
mengetahui validitas Lembar Kerja Peserta Didik materi hormat dan patuh kepada
orang tua dan guru berbasis Problem Based Learning di SMP Negeri 1 Bajo. 4)
Untuk mengetahui kepraktisan Lembar Kerja Peserta Didik materi hormat dan
patuh kepada orang tua dan guru berbasis Problem Based Learning kelas VIII di
SMP Negeri 1 Bajo.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian R&D (Research and
Development). peneliti menggunakan model pengembangan ADDIE dengan lima
tahap pengembangan yaitu tahap analysis (analisis), design (desain), development
(pengembangan), implementation (implementasi) dan evaluation (evaluasi).
Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Bajo. Subjek dalam penelitian ini yaitu
ahli media, ahli materi, guru dan peserta didik kelas VIII. Data diperoleh melalui
wawancara, observasi, dokumentasi dan angket validasi produk kepada ahli media
dan ahli materi, uji praktisi oleh guru Pendidikan Agama Islam, dan angket respon
siswa oleh 25 peserta didik SMP Negeri 1 Bajo. Adapun teknik analisis data yang
digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif.
Hasil dari penelitian ini ialah:1) Hasil analisis kebutuhan dihasilkan bahwa
peserta didik membutuhkan Lembar Kerja Peserta Didik materi hormat dan patuh
kepada orang tua dan guru yang di implementasikan menggunakan Problem Based
Learning agar peserta didik terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran.2)Hasil
tahap desain dihasilkan Lembar Kerja Peserta Didik materi hormat dan patuh
kepada orang tua dan guru berbasis Problem based Learning. 3)Hasil uji validitas
oleh ahli media diperoleh persentase 79% dan ahli materi diperoleh 93% sehingga
LKPD yang dikembangkan dinyatakan valid. 4)hasil uji kepraktisan guru
Pendidikan Agama Islam diperolehpersentase 87,5% da hasil oleh peserta didik
diperoleh persentase 92% sehingga LKPD yang dikembangkan dinyatakan praktis.
Berdasarkan hasil penelitian yang peneliti lakukan menunjukkan bahwa
Lembar Kerja Peserta Didik yang dikembangkan melalui tahap analisis sampai
dengan tahap evaluasi dinyatakan valid dan praktis digunakan dalam proses
pembelajaran.
Kata Kunci : Pengembangan, LKPD, Problem Based Learning.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email hajrahikhlas@gmail.com |
Date Deposited: | 14 Oct 2024 06:05 |
Last Modified: | 14 Oct 2024 06:05 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9449 |
Actions (login required)
View Item |