PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP PERILAKU D A N M O T I V A S I B E L A J A R S I S W A P A D A PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTS AL-KHAERIYAH MURANTE KEC. SULI. KAB LUWU

NURJANNAH, TRI IMANIAH PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP PERILAKU D A N M O T I V A S I B E L A J A R S I S W A P A D A PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTS AL-KHAERIYAH MURANTE KEC. SULI. KAB LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri palopo.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (55kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (96kB)
[thumbnail of REPOSITORY.pdf] Text
REPOSITORY.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
TRI IMANIAH NURJANNAH, 2024. “Pengaruh Media Sosial Terhadap
Perilaku dan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Sejarah
Kebudayaan Islam di MTs Al-Kheriyah Murante Kec. Suli Kab. Luwu”.
Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan
Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo. Dibimbing
oleh Andi Arif Pamessangi dan Muhammad Zuljalal Al Hamdany.
Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku dan
Motivasi Belajar Siswa pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah
Tsanawiyah Al-Khaeriyah Murante Kecamatan, Suli Kabupaten Luwu. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh media sosial terhadap perilaku
belajar siswa di MTs Al-Khaeriyah Murante; untuk mengetahui apakah ada
pengaruh media sosial terhadap motivasi belajar siswa di MTs Al-Khaeriyah
Murante. Jenis penelitian yang digunakan ialah dengan pendekatan kuantitatif.
Populasinya meliputi seluruh siswa kelas VIII, pengambilan sampel menggunakan
teknik sampel jenuh yaitu semua populasi dijadikan sebagai sampel dan didapatkan
sebanyak 32 siswa. Data diperoleh menggunakan angket, kemudian data dianalisis
menggunakan metode analisis regresi sederhana dengan bantuan SPSS 29. Hasil
penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh negatif signifikan media sosial
(X) terhadap perilaku (Y1) dan motivasi belajar siswa (Y2) dibuktikan dengan nilai
signifikansi uji hipotesis variabel perilaku belajar (0.00 < 0,05) dan variabel
motivasi belajar siswa (0,001 < 0,05), Nilai Thitung yang negatif (-4.076 dan -3.517),
menunjukkan adanya hubungan negatif antara penggunaan media sosial dengan
perilaku dan motivasi belajar siswa. Semakin tinggi penggunaan media sosial, akan
berakibat pada penurunan perilaku dan motivasi belajar siswa pada pembelajaran
sejarah kebudayaan Islam. Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media
sosial yang kurang bijak dan berlebihan dapat berakibat negatif terhadap perilaku
dan motivasi belajar siswa. Hal ini perlu menjadi perhatian bagi orang tua, guru,
dan pihak sekolah untuk meningkatkan pengawasan dan edukasi tentang
penggunaan media sosial yang bertanggung jawab. Pengaruh variabel media sosial
(X) terhadap perilaku belajar (Y1) sebesar 36.5% dan pengaruh variabel media
sosial (X) terhadap motivasi belajar (Y2) sebesar 29,2% sisanya dipengaruhi oleh
faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata Kunci: Media Sosial, Perilaku Belajar, Motivasi Belajar, Siswa MTs

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email hajrahikhlas@gmail.com
Date Deposited: 14 Oct 2024 06:58
Last Modified: 14 Oct 2024 06:58
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9453

Actions (login required)

View Item View Item