EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MURDER (MOOD, UNDERSTAND, RECALL, DIGEST, EXPAND, DAN REVIEW) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 PALOPO

DAMSI, ERLANGGA (2024) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MURDER (MOOD, UNDERSTAND, RECALL, DIGEST, EXPAND, DAN REVIEW) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri palopo.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (235kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (627kB)
[thumbnail of REPOSITORY.pdf] Text
REPOSITORY.pdf

Download (11MB)

Abstract

ABSTRAK
Erlangga Damsi, 2024. “Efektivitas Model Pembelajaran MURDER (Mood,
Understand, Recall, Digest, Expand, dan Review) dalam Meningkatkan
Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas X SMA Negeri 2
Palopo”. Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Dibimbing oleh Sumardin Raupu dan Lisa Aditya Dwiwansyah Musa.
Skripsi ini membahas tentang efektivitas model pembelajaran MURDER
(Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, dan Review) dalam meningkatkan
kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas X SMA Negeri 2 Palopo.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran
MURDER, mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa yang diajar dan tidak
diajar menggunakan model pembelajaran MURDER, dan mengetahui efektivitas
model pembelajaran MURDER dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis
siswa kelas X SMA Negeri 2 Palopo.
Penelitian ini menggunakan desain true experimental dengan tipe pre-test
dan post-test control group design. Populasi pada penelitian ini terdiri dari dari 10
kelas dengan jumlah 326 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan
teknik Cluster Random Sampling, dan digunakan sebanyak 2 kelas yaitu kelas X
10 Sebatik sebagai kelas kontrol dan kelas X 9 Batam sebagai kelas eksperimen
dengan jumlah sampel 62 orang siswa. Data diperoleh melalui observasi dan tes,
kemudian dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas siswa dan guru terhadap
keterlaksanaan model pembelajaran MURDER berada pada kategori baik. Adapun
rata-rata hasil pre-test kelas X 10 Sebatik dan kelas X 9 Batam berada pada kategori
sangat rendah, sedangkan rata-rata hasil post-test kelas X 10 Sebatik berada pada
kategori sedang dan kelas X 9 Batam berada pada kategori tinggi. Berdasarkan hasil
uji hipotesis, diperoleh nilai sig. (2-tailed) ≤ 0,05 atau 0,001 ≤ 0,05 sehingga

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Unnamed user with email hajrahikhlas@gmail.com
Date Deposited: 15 Oct 2024 01:29
Last Modified: 15 Oct 2024 01:29
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9462

Actions (login required)

View Item View Item