ISTIANA, ISTIANA (2023) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI TRIGONOMETRI DI MAN 1 KOLAKA UTARA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
ABSTRAK.pdf Download (51kB) |
|
Text
PUSTAKA.pdf Download (75kB) |
|
Text
REPO.PDF Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK
ISTIANA, 2023, Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble
Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Trigonometri Di MAN 1
Kolaka Utara, Skripsi program Studi Pendidikan Matematika,
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Aagama Islam Negeri
(IAIAN) Palopo. Dibimbing oleh Nasaruddin, dan Megasari.
Masalah utama dalam penelitian ini apakah Model Pembelajaran
Kooperatif tipe Scramble efektif Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi
Trigonometri di MAN 1 Kolaka Utara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
efektifitas model pembelajaran kooperatif tipe scramble terhadap hasil belajar
siswa pada materi trigonometri di MAN 1 Kolaka Utara.
Jenis penelitian ini adalah pra-eksperimen (pre-experiment) dengan
desain penelitian Pre-Test dan Post-Test yaitu sebelum proses pembelajaran
dilakukan pre-test untuk mengetahui kemampuan awal siswa dan setelah proses
pembelajaran dilakukan post-test untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah
diberikan perlakuan. Populasi penelitian ini yaitu kelas X dan sampel pada
penelitian ini adalah kelas X MIA I sebagai kelas eksperimen, Teknik analisis
data yang digunakan yaitu Uji Normalitas dan Uji Hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil analisis data uji hipotesis
menggunakan sampel T-test adalah 0,00 dan nilai tingkat signifikannya adalah
0,05 hal ini menunjukkan bahwa nilai sig lebih kecil dari nilai tingkat signifikansi.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa model
pembelajaran kooperatif tipe scramble efektif terhadap hasil belajar siswa pada
materi trigonometri kelas X di MAN 1 Kolaka Utara.
kata kunci : Scramble type cooperative model, Learning outcomes
xxiv
ABSTRACT
ISTIANA, 2023 “The Effectiveness of the Scramble Type Cooperative
Learning Model on Student Learning Outcomes in Trigonometry
Material at MAN 1 North Kolaka, Thesis Department of Mathematics
Education Faculty of Tarbiah IAIN Palopo, supervised by Nasaruddin,
and Megasari
.
The main problem in this research is whether the Scramble Type
Cooperative Learning Model is Effective for Student Learning Outcomes in
Trigonometry Material at MAN 1 Kolaka Utara. This study aims to determine the
effectiveness of the scramble type cooperative learning model on student learning
outcomes in trigonometry material at MAN 1 Kolaka Utara.
This type of research is pre-experiment (pre-experiment) with the
research design Pre-Test and Post-Test, namely before the learning process is
carried out a pre-test to determine students' initial abilities and after the learning
process is carried out a post-test to determine student learning outcomes after
being given treatment. The population of this study was class X and the sample in
this study was class X MIA I as an experimental class.
The results showed that the results of the analysis of the hypothesis
testing data using the sample T-test was 0.00 and the significance level was 0.05.
This indicated that the sig value was smaller than the significance level value.
Based on the results of this study, it can be concluded that the scramble type
cooperative learning model is effective on student learning outcomes in class X
trigonometry material at MAN 1 Kolaka Utara.
Key words: scramble, effectiveness, learning outcomes
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | S.Ag Ilda Azizah |
Date Deposited: | 21 Oct 2024 01:04 |
Last Modified: | 21 Oct 2024 01:04 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9476 |
Actions (login required)
View Item |